Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Rasa Garam Masala, Racikan Rempah Khas India?

Kompas.com - 19/11/2023, 10:06 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Garam masala seringkali menjadi elemen penting dalam masakan India karena memberikan cita rasa yang khas dan kompleks.

Bumbu ini bisa dibuat secara rumahan dengan mencampur rempah-rempah yang sudah dihaluskan atau dibeli dalam bentuk siap pakai di toko-toko atau pasar.

Garam masala memiliki ciri khas warna kecoklatan. Bumbu ini memberikan rasa, aroma, dan kompleksitas pada hidangan khas India.

Menurut Master Class dan The Spruce Eats, garam masala berasal dari India Utara, di mana musim dingin yang dingin membutuhkan rempah berkualitas yang menghangatkan badan.

Tak heran bila nama dari campuran rempah itu diterjemahkan menjadi "rempah-rempah penghangat", yang dimaksud untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Baca juga:

Garam masala banyak ditemukan pada hidangan tradisional Mughal. Bumbu ini juga digunakan di sebagian besar wilayah India serta di Pakistan dan Iran.

Komposisi garam masala bisa berbeda-beda menurut daerahnya di India.

Namun secara umum, garam masala terdiri dari kayu manis, buah kapulaga hijau, merica hitam, biji ketumbar, biji jintan, fuli (kulit pembungkus biji pala), serta daun salam.

Rempah itu biasanya dipanggang untuk mengeluarkan rasa dan aroma kemudian ditumbuk sampai halus menjadi bubuk.

Garam masala memiliki rasa yang kompleks dan variatif tergantung pada jenis rempah yang digunakan.

Namun, garam masala umumnya memiliki rasa manis dari kayu manis, rasa pedas dari merica, rasa tajam dari ketumbar, serta jintan, dan kapulaga yang harum.

Garam masala tidak memiliki rasa yang sama di semua tempat di India, melainkan berubah sesuai dengan wilayah dan juru masaknya.

Di India Utara, garam masala akan beraroma harum dan ringan, sedangkan semakin jauh ke selatan, rempah-rempahnya akan semakin pedas.

Garam masala menambahkan kehangatan, rasa manis, aroma bunga, dan sentuhan panas dari lada hitam. Bumbu ini harum dan biasanya tidak terlalu pedas. 

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com