5 Manfaat Garam Masala, Sempurnakan Rasa dan Hangatkan Tubuh

Kompas.com - 20/01/2021, 10:12 WIB
Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat garam masala. Dok.Pixabay/VeganamenteRempah-rempah yang digunakan untuk membuat garam masala.

KOMPAS.com -  Garam masala dibuat dari rempah-rempah yang biasanya digunakan untuk menyempurnakan rasa pada masakan khas India.

Bukan hanya itu saja, garam masala memiliki manfaat lain yang baik untuk tubuh. Diantaranya ada lima manfaat yang bisa kamu dapatkan, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Apa itu Garam Masala? Bumbu khas India yang Bikin Sedap Masakan

1. Menyempurnakan rasa masakan

Masakan khas India biasanya memiliki banyak bumbu dengan rasa yang berbagai macam. Gunakan garam masala untuk menyeimbangkan dan menyempurnakan rasa.

Selain rasa, garam masala juga bisa mengeluarkan aroma pada masakan. Biasanya, garam masala digunakan sebagai salah satu bumbu membuat kari yang kental.

2. Menurunkan kolesterol

Dilansir dari Femina India, lada, cengkih, dan kayu manis sebagai salah satu bahan membuat garam masala bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain itu, kayu manis sangat bagus untuk penderita diabetes karena bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Baca juga: 5 Cara Simpan Garam Masala agar Tidak Menggumpal

3. Garam masala sebagai antiinflamasi

Garam masala, racikan rempah khas IndiaDok. Shutterstock/stockimagefactory.com Garam masala, racikan rempah khas India

Jinten sebagai salah satu bahan terpenting membuat garam masala, memiliki manfaat sebagai antiinflamasi atau anti-peradangan.

Selain itu, jinten juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Menjaga kesehatan gigi

Selain meningkatkan metabolisme tubuh, garam masala juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan gigi.

Itu karena di dalam garam masala terdapat cengkih yang memiliki kandungan kalsium, antioksidan, dan asam lemak omega 6 yang tinggi.

Baca juga: 4 Cara Bedakan Garam Himalaya Asli dan Palsu

5. Memperlambat penuaan

Banyak bahan dalam garam masala, seperti kayu manis, merica, dan jintan yang memiliki manfaat bisa memperlambat proses penuaan.

Bahan tersebut juga memiliki manfaat melawan kanker. Selain ketiga bahan itu, lada hitam yang menjadi bahan penting membuat garam masala.  Lada hitam juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Manfaat Garam Himalaya, Sedapkan Hidangan dan Baik bagi Kesehatan



Sumber Femina.in
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X