Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2023, 11:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada cara memasak cokelat yang benar untuk buket agar tidak cepat meleleh saat dirangkai. Menjelang hari Valentine, mungkin akan banyak usaha kecil menengah yang menjajakan buket cokelat sebagai salah satu pilihan hadiah. 

Selain merangkai buket cokelat dari cokelat kemasan, kamu bisa juga membuat atau memasak cokelat sendiri di rumah. Dilansir dari buku "Choco Lovers : 30 Kreasi Buket Cokelat untuk Hari Isimewa" (2017) oleh Indriani & Anandika terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada tips sukses membuat cokelat. 

Baca juga:

1. Masukkan cokelat ke dalam freezer 

Kalau kamu ingin membuat hasil dari cokelat buatanmu mengilap saat disajikan. Masukkan cokelat secara langsung ke dalam freezer

Suhu dingin yang ekstrem bisa membuat cokelat mengilap. 

2. Gunakan panci yang besar 

Saat akan melelehkan cokelat dengan teknik au bain marie, gunakan panci lebih besar daripada wadah berisikan airnya. Hal ini untuk menghindari adanya percikkan air masuk ke dalam cokelat. 

Percikkan air bisa membuat cokelat berlubang saat didinginkan. 

3. Ketuk cetakan cokelat 

Kamu bisa mengetuk cetakan cokelat saat adonan dituangkan. Cara ini bisa mencegah cetakan tidak bergelembung. 

4. Pastikan bagian bawah cetakan menggelap

Pada saat akan mengeluarkan cokelat dari cetakan, pastikan bagian bawah cetakan buram atau menggelap. Ada cokelat yang mudah dikeluarkan dari cetakan, mungkin hanya dengan mengetuknya. Ada juga yang perlu menekan dengan ibu jari agar cokelat bisa keluar sendiri. 

5. Aduk adonan cokelat hingga licin

Dilansir dari buku "Resep Dessert Cokelat ala Cafe" (2013) oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, aduk adonan cokelat leleh hingga benar-benar licin dan lembut. Setelah itu, cokelat siap digunakan sesuai kebutuhan.

Buku "Choco Lovers : 30 Kreasi Buket Cokelat untuk Hari Istimewa" (2017) oleh Indriani & Anandika terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

Buku "Resep Dessert Cokelat ala Cafe" (2013) oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com