Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Cokelat Flan, Dessert 4 Bahan dan Bebas Tepung

Kompas.com - 18/08/2021, 15:07 WIB
Maria Bella Evangelica Kapojos,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Camilan manis paling enak disantap sore hari sambil minum teh atau kopi.

Cokelat flan bisa menjadi pilihan makanan penutup atau dessert, khususnya bagi kamu yang sedang diet gluten. Hal ini karena cokelat flan dibuat tanpa menggunakan tepung.

Dessert ini juga mudah dibuat karena hanya butuh empat bahan utama. Rasanya creamy dan cocok disantap dalam kondisi dingin. 

Berikut resep cokelat flan yang bisa kamu sontek dilansir dari The SpruceEats.

Baca juga: Resep Cookies Cokelat, Masak Pakai Wajan Cast Iron Seperti Nadya MasterChef

Resep cokelat flan

Bahan

  • 2 ons atau 57 gram cokelat hitam
  • 227 gram ditambah 2 sdm mentega tawar yang dilembutkan
  • 6 telur besar
  • 150 gram gula halus

Cara membuat cokelat flan: 

1. Panaskan oven hingga 120 derajat Celcius.

2. Lumuri loyang aluminium berukuran 22x7 cm dan lapisi bagian bawahnya dengan kertas baking agar air tidak bocor ke flan ketika memasak.

3. Lelehkan cokelat dengan cara taruh potongan cokelat ke dalam mangkuk besi. Panaskan di atas panci berisi air mendidih (bagian bawah mangkuk tidak boleh menyentuh air).

Baca juga: Resep Crepes Cokelat dengan Vla Buah, Kreasi Camilan untuk Anak

4. Potong mentega yang sudah dilembutkan menjadi potongan-potongan kecil dan tambahkan ke mangkuk cokelat.

5. Biarkan keduanya meleleh bersama. Aduk menggunakan sendok kayu atau spatula silikon. Setelah meleleh dan tercampur rata. Sisihkan dan biarkan selama dua menit.

6. Pada mangkuk yang lain, masukkan telur dan gula. Aduk dengan mikser kecepatan tinggi sampai telur menjadi kuning pucat. Tahapan ini lebih kurang sekitar 10-15 menit.

7. Setelah itu, dengan mikser kecepatan rendah, masukkan perlahan campuran cokelat dan mentega cair. Naikkan kecepatan sedikit demi sedikit dan kocok sampai semuanya tercampur.

Baca juga: Resep Dadar Gulung Isi Vla Cokelat, Cocok untuk Jualan

8.  Tuangkan adonan secara hati-hati ke dalam loyang. Banting-banting loyang secara prelahan untuk melepaskan gelembung udara pada adonan.

9. Taruh loyang ke dalam nampan oven dan tuangkan air mendidih ke dalam nampan beberapa sentimeter saja. Teknik ini disebut bain marie

10. Panggang adonan selama 1,5 jam. Periksa untuk melihat kematangan flan dengan cara  menggoyangkan nampan, Jika sudah matang, maka flan akan keras dan tidak goyang. Jika bergoyang, masak kembali lebih kurang 15 menit kemudian periksa ulang.

11. Saat sudah matang, sisihkan agar mencapai suhu ruangan. Masukkan lemari es diamkan minimal empat jam. Cokelat flan siap disajikan. 

Baca juga: Resep Brownies Cokelat Yoghurt ala Rumahan, Teksturnya Lembut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com