Kompas.com - 05/10/2022, 11:07 WIB

KOMPAS.com - Timun merupakan bahan makanan yang biasa diolah menjadi lalapan atau urap. Bukan hanya itu saja, timun juga banyak diolah menjadi isian sayur kuah bening atau minuman menyegarkan. 

Namun apa jadinya kalau kamu sedang membuat aneka menu masakan dengan timun tapi masih tersisa? Jangan buru-buru di buang, kamu bisa menyimpannya untuk diolah dan dinikmati kembali. 

Dilansir dari laman Southern Living, simak cara simpan timun potong agar tetap segar dan renyah. 

Baca juga:

1. Bungkus dengan plastik

Kamu bisa menggunakan plastik untuk membungkus timun potong agar tetap renyah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kertas beeswax untuk menjaga tekstur timun tetap baik dan tidak mengalami kerusakan.

Cara membungkus timun dengan plastik ini juga bisa melindungi timun dari gas etilen buah atau sayur saat disimpan bersamaan dalam suatu tempat atau lemari es.

Ilustrasi timun fermentasi. UNSPLASH/REKA BIRO HORVATH Ilustrasi timun fermentasi.

2. Bungkus potongan timun dengan tisu dapur

Kamu juga bisa menggunakan tisu dapur untuk melapisi timun. Caranya, tempatkan irisan timun ke dalam wadah plastik kemudian masukkan tisu dapur ke dalamnya.

Tisu dapur bisa membantu menyerap kelembaban pada timun potong. Irisan timun tidak bisa bertahan lama, maka segera gunakan.

3. Rendam potongan timun

Ditambahkan dari Eating Well, kamu juga bisa menempatkan irisan timun ke dalam wadah dengan tutup dan isi wadah dengan air.

Simpan potongan timun dalam wadah tersebut ke dalam lemari es. Hal ini untuk menjaga timun tetap renyah karena terlindungi dari udara kering di lemari es.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.