Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2022, 10:27 WIB
Ais Jauhara Fahira,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Margarin, butter, dan roombutter, ketiganya sering menjadi bahan memasak kue. Sekilas ketiga bahan tersebut terlihat mirip satu sama lain dan bisa menggantikan satu sama lain. 

Namun, margarin, butter, dan roombutter punya perbedaan dari bahan dasar sampai aromanya. 

Simak perbedaan margarin, butter, dan roombutter berikut ini:

Baca juga: Apa Itu Cocoa Butter yang Dipakai Febs MasterChef Bikin Kue?

1. Margarin

Dilansir dari Taste of Home, margarin terbuat dari minyak sawit, air, garam, dan beberapa bahan tambahan seperti emulsifier. Umumnya margarin tidak mengandung produk susu sama sekali.

Margarin dibentuk melalui proses kimia yang rumit dan setidaknya harus mengandung 80 persen lemak.Teksturnya lebih padat, warnanya lebih pucat, dan aromanya tidak sewangi butter.

Baca juga: Perbedaan Mentega dan Margarin untuk Bikin Kue dan Masakan

2. Butter

Dikutip dari berita Kompas.com yang tayang Kamis (25/7/2020), butter atau mentega adalah produk susu yang terbuat dari susu atau krim.

Cara membuatnya dengan mengentalkan krim yang terbuat dari susu sapi segar. Mentega yang terbuat dari susu tentu mengandung lemak dan kolesterol yang sangat tinggi.

Cita rasa mentega gurih dan creamy serta asin yang khas, teksturnya lembut dan lebih cepat meleleh dibandingkan margarin. Butter juga membuat kue lebih sedap karena memiliki aroma susu yang menggugah selera. 

Baca juga: Cara Membuat Butter Cream dengan Putih Telur

3. Roombutter

Dilansir dari Bon Appetit, roombutter memiliki proses pembuatan yang lebih hati-hati ketimbang butter dan margarin. Sebenarnya roombutter mirip dengan butter. Sesuai namanya, roombutter dapat bertahan lama pada suhu ruangan dibanding butter.

Selain itu roombutter memiliki aroma manis khas yang lebih kuat dibanding butter dan harganya juga relatif lebih mahal.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com