Kompas.com - 14/08/2022, 07:08 WIB

KOMPAS.com - Meminum kopi di pagi hari merupakan aktivitas rutin beberapa orang sebelum memulai hari.

Kopi yang dijual di pasaran atau toko kopi, berupa kopi bubuk dan biji kopi dengan beragam jenisnya, kamu hanya perlu memilih salah satu sesuai kebutuhan.

Jika kamu tidak sengaja membeli biji kopi utuh tetapi tidak memiliki mesin penggilingnya, coba gunakan blender, food processor, dan ulekan.

Simak 3 cara menggiling biji kopi tanpa grinder, dikutip dari laman Allrecipes.com, berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga:

1. Gunakan blender

Kamu bisa menggunakan blender sebagai penggiling biji kopi, meskipun hasil gilingan tidak sekonsisten mesin penggiling kopi.

Masukkan 21,9 gram biji kopi ke dalam gelas blender, jika lebih dari itu blender secara bergantian.

Jangan terlalu lama menggiling biji kopi dengan blender, sebab bagian bawah akan penuh biji kopi dan bagian atas tidak tergerus merata.

Oleh karena itu, selalu gunakan fungsi tombol pengatur, sekitar tiga detik maksimal untuk memastikan bahwa semua biji kopi tergiling secara merata. 

Selain itu hindari biji kopi menjadi terbakar, blender bertenaga tinggi cenderung menghasilkan banyak panas sehingga biji kopi dapat terbakar, rasa kopi akan terlalu pahit.

2. Gunakan food processor

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan food processor di rumah untuk menggiling biji kopi.

Bentuk mangkuk food processor lebih lebar dari blender, jadi biji kopi akan tergiling lebih baik dan merata karena banyak area permukaan untuk biji kopi bergerak.

Hasil dari gilingan kopi menggunakan food processor, hampir mendekati konsistensinya dengan mesin gilingan kopi.

Siapkan 29,2 gram atau 43,8 gram biji kopi, masukkan ke dalam mangkuk food processor, tutup. Gunakan tombol dengan durasi 15 detik secara singkat untuk menggiling.

Berhenti sesekali dan mengikis bagian sisi-sisinya, memastikan biji kopi tercampur merata, lanjutkan menggiling.

Food processor dapat menggiling dalam jumlah banyak daripada blender, namun jika lebih dari takaran sesuai di atas, sebaiknya bergantian dalam menggiling biji kopinya.

3. Gunakan ulekan

Selain itu, jika kamu tidak mempunyai blender dan food processor gunakan ulekan. Letakkan biji kopi dalam plastik zip lock, pukul-pukul biji kopi, atau gunakan ulekan tumbuk.

Hasil gilingan kopi akan kasar dan tidak merata, tetapi tidak masalah, kamu masih bisa membuat kopi dengan metode french press dan cold brew. 

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:
Sumber Allrecipes


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.