Beda Fungsi Food Processor dan Blender, Perhatikan Sebelum Pakai

Kompas.com - 07/09/2020, 20:08 WIB
Ilustrasi kembang kol dicacah menggunakan food processor. SHUTTERSTOCK/NATALIA LISOVSKAYAIlustrasi kembang kol dicacah menggunakan food processor.

KOMPAS.com - Food processor dan blender kedua adalah alat dengan mesin bermotor yang dilengkapi pisau dan wadah seperti mangkuk atau stoples. Keduanya dipakai untuk menghaluskan bahan makanan.

Namun, terdapat perbedaan antara food processor dan blender. Salah satu perbedaan yang paling terlihat antara blender dan food processor adalah bentuknya.

Baca juga: Apa Beda Teppanyaki dan Hibachi? Teknik Masak Suhu Tinggi ala Jepang

Namun, lebih detail lagi perbedaannya pada cara kerja dan fungsinya. Melansir Washingtonpost.com, food processor lebih multifungsi daripada blender.

Food processor memiliki varian kecepatan yang lebih lambat dari blender dan ada banyak macam pisau tergantung fungsinya seperti untuk mengiris, memarut, membuat adonan, dan lainnya.

Food processor kecepatannya lebih lambat maka membantu memberi lebih banyak kontrol dalam membuat tekstur makanan dari cincang kasar hingga bertekstur bubur.

Berikut beda fungsi blender dan food processor sesuai kebutuhan bersumber dari Foodnetwork.com.

Blender untuk bahan makanan cair dan kental

Ilustrasi blender untuk memproses makanan cair dan kental. PEXELS/CHAIT GOLI Ilustrasi blender untuk memproses makanan cair dan kental.

Blender biasanya membutuhkan sedikit cairan untuk bekerja. Selain itu blender berguna menghaluskan bahan menjadi cairan yang lembut, seperti sup atau smoothie.

Blender juga bisa untuk mencampur cairan dan pengemulsi, seperti pada saus salad dan saus biasa.

Penggunaan bisa untuk menghancurkan es seperti untuk slushie, bahkan bisa untuk menghaluskan merica atau biji kopi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X