Kompas.com - 13/08/2022, 07:06 WIB

KOMPAS.com - Buah lemon sangat menyegarkan jika diolah menjadi minuman, dapat juga dijadikan campuran pada kue.

Tidak itu saja, lemon merupakan alternatif alami dan ramah lingkungan sebagai pembersih. Selain itu lemon meninggalkan aroma citrus menyegarkan.

Lemon dapat langsung digunakan menjadi pembersih serbaguna atau peras dahulu menghasilkan jus lemon dan taruh di botol untuk persediaan.

Simak 10 manfaat lemon sebagai pembersih alami sebaguna mulai dari panci hingga menghilangkan bau kulkas, dikutip dari laman Allrecipes.com, berikut selengkapnya.

Baca juga:

1. Tambahkan irisan lemon ke mesin pencuci piring

Tempatkan beberapa irisan lemon di rak atas atau isi wadah kecil dengan jus lemon, taruh di rak atas.

Jalankan mesin pencuci piring pada siklus normal, hasil cucian akan bersih dan mengkilap cerah. 

Jika tidak menggunakan mesin cuci piring, kamu bisa menambahkan irisan lemon pada bak sabun cuci piring agar menambahkan aroma citrus dan piring lebih bersinar.

2. Bersihkan blender

Jika kamu sering menggunakan blender, pasti terdapat noda atau kotoran menumpuk pada gelas kaca.

Cara mengatasinya yaitu dengan memasukkan cairan sabun cuci piring, jus lemon, atau dua sendok makan soda kue, dan sedikit air panas ke dalam gelas blender.

Tutup blender, tekan tombol kecepatan tinggi selama setengah menit, cabut kabel daya sebelum menggosok gelas kaca dengan spons.

3. Bersihkan microwave

Microwave yang sering digunakan akan mucul beberapa noda seperti cipratan saus di dinding atau potongan makanan menempel.

Jangan khawatir cukup potong setengah lemon, atau gunakan sisa kulit lemon, masukkan ke dalam mangkuk atau cangkir berisi air.

Panaskan ke dalam microwave selama beberapa menit atau sampai air mendidih. Bagian pentingnya, jangan buka pintu microwave terlebih dahulu.

Biarkan selama beberapa menit, setelah itu buka dan lap semua permukaan interior microwave, maka kotoran akan mudah hilang.

4. Menghilangkan bau kulkas

Jika kulkas mengeluarkan bau tidak sedap saat dibuka, kamu bisa menggunakan potongan lemon untuk dimasukkan di dalamnya.

Pastikan daging menghadap ke atas, biarkan lemon selama setengah jam atau lebih lama di dalam kulkas. Baunya akan diserap oleh lemon dan aroma tergantikan jeruk segar.

Halaman:
Sumber Allrecipes


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.