Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Manfaat Lemon, Pembersih Serbaguna dari Blender sampai Noda Panci

Kompas.com - 13/08/2022, 07:06 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

Sumber Allrecipes

KOMPAS.com - Buah lemon sangat menyegarkan jika diolah menjadi minuman, dapat juga dijadikan campuran pada kue.

Tidak itu saja, lemon merupakan alternatif alami dan ramah lingkungan sebagai pembersih. Selain itu lemon meninggalkan aroma citrus menyegarkan.

Lemon dapat langsung digunakan menjadi pembersih serbaguna atau peras dahulu menghasilkan jus lemon dan taruh di botol untuk persediaan.

Simak 10 manfaat lemon sebagai pembersih alami sebaguna mulai dari panci hingga menghilangkan bau kulkas, dikutip dari laman Allrecipes.com, berikut selengkapnya.

Baca juga:

1. Tambahkan irisan lemon ke mesin pencuci piring

Tempatkan beberapa irisan lemon di rak atas atau isi wadah kecil dengan jus lemon, taruh di rak atas.

Jalankan mesin pencuci piring pada siklus normal, hasil cucian akan bersih dan mengkilap cerah. 

Jika tidak menggunakan mesin cuci piring, kamu bisa menambahkan irisan lemon pada bak sabun cuci piring agar menambahkan aroma citrus dan piring lebih bersinar.

2. Bersihkan blender

Jika kamu sering menggunakan blender, pasti terdapat noda atau kotoran menumpuk pada gelas kaca.

Cara mengatasinya yaitu dengan memasukkan cairan sabun cuci piring, jus lemon, atau dua sendok makan soda kue, dan sedikit air panas ke dalam gelas blender.

Tutup blender, tekan tombol kecepatan tinggi selama setengah menit, cabut kabel daya sebelum menggosok gelas kaca dengan spons.

3. Bersihkan microwave

Microwave yang sering digunakan akan mucul beberapa noda seperti cipratan saus di dinding atau potongan makanan menempel.

Jangan khawatir cukup potong setengah lemon, atau gunakan sisa kulit lemon, masukkan ke dalam mangkuk atau cangkir berisi air.

Panaskan ke dalam microwave selama beberapa menit atau sampai air mendidih. Bagian pentingnya, jangan buka pintu microwave terlebih dahulu.

Biarkan selama beberapa menit, setelah itu buka dan lap semua permukaan interior microwave, maka kotoran akan mudah hilang.

4. Menghilangkan bau kulkas

Jika kulkas mengeluarkan bau tidak sedap saat dibuka, kamu bisa menggunakan potongan lemon untuk dimasukkan di dalamnya.

Pastikan daging menghadap ke atas, biarkan lemon selama setengah jam atau lebih lama di dalam kulkas. Baunya akan diserap oleh lemon dan aroma tergantikan jeruk segar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com