Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapur Konvensional atau Modern, Mana yang Cocok untuk Pebisnis Pemula?

Kompas.com - 28/07/2022, 18:06 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkembangan industri kuliner terus mengalami kemajuan. Bukan hanya menu yang semakin inovatif, peralatan dapur juga kini semakin modern.

Tidak berhenti di sana, Consultant Chef Welbilt Asia Pacific Zulkarnaini Dahlan mengatakan, bentuk dapur restoran juga semakin modern.

Ia mencontohkan salah satu sistem operasional milik Welbilt bernama KitchenConnect yang diusung sebagai solusi dapur modern di industri makanan dan minuman.

KitchenConnect akan membantu pelaku bisnis makanan dan minuman untuk meningkatkan efesiensi, menghemat pengeluaran, dan meningkatkan kualitas produk.

Cara kerja sistem dapur modern ini cukup sederhana. Setiap produk Welbilt nantinya akan saling terkoneksi melalui program yang menampilkan kualitas bahan makanan, durasi masak, hingga siklus pembersihan.

"Bisa betul-betul membantu para chef untuk menghasilkan produk yang sangat baik, dari segi tekstur, warna, dan rasa," jelas Zulkarnaini.

Sedemikian mudahnya pengoperasian dapur modern, lalu benarkah sistem tersebut lebih baik dari dapur konvensional?

Baca juga:

Ilustrasi air fryer. SHUTTERSTOCK/ENJOY THE LIFE Ilustrasi air fryer.

Menurut Zulkarnaini, kehadiran dapur modern, baik peralatan maupun sistemnya, jelas dapat membantu pelaku bisnis makanan dan minuman, khususnya bagi para pemula.

Sebagai contoh, calon pebisnis kuliner memerlukan ruangan cukup besar untuk menyimpan peralatan, serta berbagai peratan dapur untuk mengolah bahan makanan.

"Investasinya terlalu besar, padahal niatnya baru mau coba bisnis," kata Zulkarnaini dalam Culinary Talk "Foodies & Beyond Healthy and Green Culinary" Pameran Food & Hotel Indonesia, Selasa (26/7/2022).

Sebaliknya, calon pebisnis kuliner tidak membutuhkan banyak investasi untuk membeli ruang dan alat bila mengandalkan konsep dapur modern.

"Misalnya mau buka kedai kopi, cukup pakai Merrychef (produk Welbilt). One guide dan tidak perlu investasi di dapur atau hexos room," kata Zulkarnaini.

Peralatan dapur modern seukuran air fryer tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan aneka makanan yang sudah setengah masak. Cocok ditaruh di satu dapur kecil kafe atau restoran.

"Bisa fokus bisnis kopi, lalu coba menjual aneka makanan sampai kenal pelanggan tetap, baru nanti ambil lini produksi," ujarnya.

"Karena kalau sudah ambil lini produksi kan mahal, harus punya peralatan dan mengelolanya mahal, termasuk skill-nya harus bagus," pungkasnya.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com