Kompas.com - 22/04/2021, 20:06 WIB
Ilustrasi sayuran shutterstockIlustrasi sayuran

KOMPAS.com - Setiap tanggal 22 April, masyarakat di seluruh dunia akan memperingati hari bumi.

Peringatan hari bumi merupakan salah satu gerakan kesadaran akan kondisi lingkungan.

Khusus kamu yang menghabiskan banyak waktu di dapur, bisa lakukan langkah-langkah berikut untuk ikut ambil peran dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Dilansir dari Food.ndtv.com, berikut tips untuk bikin dapur jadi minim sampah dengan menggunakan metode zero-waste cooking.

Zero-waste cooking adalah gerakan memasak dengan mengolah bahan masakan semaksimal mungkin tanpa meninggalkan banyak limbah.

Baca juga: Apa Itu Zero Waste Cooking? Masak yang Berdampak untuk Lingkungan

1. Tanam sayur atau bahan makanan sendiri

Selama pandemi, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang aktif memanfaatkan lahan rumah mereka menjadi kebun tanaman seperti sayur.

Kamu juga bisa memulainya. Produksi sayur secara mandiri dapat menjamin kualitas dari tanaman yang kamu buat dan mengurangi limbah produksi dan distribusi. 

Selain itu, beberapa limbah dapur seperti daun teh, kulit telur dan kulit buah dapat diolah menjadi pupuk kompos untuk menambah subur tanaman sayur kamu.

2. Masak dengan jumlah yang tepat

Sebelum mulai memasak, pastikan berapa banyak orang yang akan menyantap hidangan.

Kamu dapat menimbang kebutuhan bahan masakan sesuai dengan jumlah orang yang ada agar makanan tidak berakhir jadi sampah makanan

Baca juga: 5 Manfaat Zero Waste Cooking, Tren Kurangi Sampah Makanan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X