Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2022, 17:04 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak semua ternak yang disembelih untuk hewan kurban asli dari Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan hasil persilangan antara ternak lokal dan ternak dari luar negeri atau ternak impor.

Beberapa ternak hasil persilangan yang biasa dipakai untuk kurban seperti kambing peranakan etawa.

Dokter hewan sekaligus pakar ternak di Institut Pertanian Bogor (IPB) Supratikno menjelaskan terkait kambing peranakan etawa kepada Kompas.com.

Baca juga:

Fungsi persilangan kambing etawa murni dan kambing jawa

Tikno mengatakan bahwa masing-masing ternak, baik lokal maupun impor punya karakteristik tersendiri. Tindakan persilangan dilakukan guna menyempurnakan apa yang tidak ada pada tubuh ternak lokal. 

"Bukan berati yang lokal tidak bagus, tetapi persilangan dilakukan guna mengambil sifat baik dari ternak impor untuk melengkapi ternak lokal," kata Tikno saat dihubungi oleh Kompas.com  via daring pada Selasa (7/6/2022).

Tikno mencontohkan kasus persilangan yang melibatkan peranakan kambing etawa dengan kambing jawa (lokal).

Kambing etawa murni merupakan jenis hewan yang dikembangbiakkan untuk memproduksi susu, bentuk badannya tinggi dan kurus. Sementara kambing jawa merupakan tipe pedaging.

Persilangan kedua kambing tersebut dilakukan dengan harapan mendapatkan rangka tubuh yang tinggi dari peranakan etawa dan daging yang banyak dari kambing jawa.

Baca juga:

"Jadi, memang ingin mengombinasikan dua sifat yang berbeda, tapi yang diambil yang baik-baknya saja, istilahnya perbaikan keturunan," ujar Tikno.

Namun, Tikno mengatakan bahwa tidak semua persilangan ternak mendapatkan hasil keturunan sesuai dengan ekspektasi.

"Persilangan itu coba-coba, tapi ada juga yang menghasilkan ternak dengan salah satu sifat dominan," ungkap Tikno.

Hal tersebut dapat dilihat dari persilangan antara kambing etawa dan kambing jawa. Apabila keturunan pertama (F1) kambing jawa belum mendapatkan sifat yang diinginkan, maka akan disilangkan kembali dengan kambing etawa.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com