Kompas.com - 21/01/2022, 21:04 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Angkring populer di beberapa wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kendati demikian beberapa daerah menyebutnya dengan nama berbeda. 

Misalnya saja masyarakat Solo yang lebih mengenal angkringan dengan sebutan HIK. Perbedaan nama tersebut lantas membuat beberapa orang bingung, apakah HIK dan angkringan berbeda. 

Baca juga:

Kendati demikian Gunadi S.Pd.I atau akrab disapa Gugun selaku inisiator Desa Cikal Bakal Angkringan Ngerangan Klaten mengatakan bahwa angkringan dan HIK sebetulnya sama saja. 

"Sama saja, sebenarnya HIK itu cuma penyebutan kalau di daerah Solo. Kalau di Jogja di angkringan, kalau di Semarangan kucingan, dan sebagainya," tutur Gugun kepada Kompas.com, Rabu (18/01/2022). 

Sekalipun berbeda biasanya karena menyesuaikan budaya di daerah tersebut. Misalnya kalau dekat dengan laut maka sajiannya bisa ditambahkan sate kerang. 

Atau, jika dekat dengan pengusaha belut, lauk nasi kucingnya bisa menggunakan sambal belut.

Ilustrasi aneka sate di angkringan Yogyakarta.SHUTTERSTOCK/ Mezario Ilustrasi aneka sate di angkringan Yogyakarta.

Gugun menegaskan bahwa HIK dan angkringan hanya berbeda dari penyebutan nama saja. Mengenai konsep dan esensinya keduanya sama.  

"Kalau esensinya itu sebuah evolusi dari HIK, angkringan, kucingan, sego kucing, dan warung koboi. Nanti mungkin nanti akan ada di kota lain penyebutan beda mungkin ada," tegasnya. 

Baca juga:

Lebih lanjut, HIK sendiri adalah singkatan dari Hidangan Istimewa Kampung. Selain itu, nama tersebut juga diambil dari kebiasaan penjual HIK zaman dulu yang menjajakan dagangannya dengan mengeluarkan suara 'hiiik ter hiiik terr'. 

"Kemudian berkembang, semakin banyak. Kalau di Solo namanya kan HIK singkatan dari Hidangan Istimewa Kampung tapi sebenarnya cuma itu orang menjajakan makanan itu lo, bunyinya 'hiiik ter hiik terr' sebenarnya cuma gitu," kata Gugun. 

 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.