Kompas.com - 04/01/2022, 11:12 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Ada cara membuat adonan pastry agar hasilnya lembut dan berlapis. Cara sederhananya yakni dengan melipat dan mengilas adonannya dengan tepat.

Jika metodenya keliru adonan pastry berpotensi sobek dan hancur setelah dipanggang.  

Melansir dari "SMK - Kue Pastry Kontinential Cokelat & Hidangan Penutup" oleh Yesi Kusuma terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud berikut cara melipat adonan pastry yang bisa dipraktikkan. 

Baca juga:

1. Perhatikan ketebalannya

Saat menggilas adonan, pastikan untuk tidak terlalu tipis dan tebal. Ketebalan adonan yang disarankan sekitar setengah sampai satu sentimeter. 

Selain itu, pastikan adonan tidak terlalu lebar supaya tidak sobek saat dilipat dan digilas kembali. 

Ilustrasi adonan puff pastry. Dok. Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi adonan puff pastry.

2. Beri waktu istirahat 

Adonan pastry perlu digilas dan dilipat beberapa kali. Namun sebelum dilipat dan digilas kembali, adonan perlu diistirahatkan dulu sebentar.  

Hal ini perlu dilakukan agar gluten rileks sehingga pastry tidak susut setelah dipanggang.

Baca juga:

3. Gilas dengan arah berlawan 

Penggilasan dan pelipatan adonan baiknya dilakukan dengan arah berlawan agar menghasilkan bentuk yang serasi. Di samping itu, supaya ketebalannya adonan pastry. 

4. Gilas di atas telenan bersih

Adonan pastry baiknya digiling di telenan atau marmer bersih. Jika sebelumnya adonan disimpan di lemari es, maka kamu perlu mendinginkannya terlebih dulu agar tidak sobek. 

Baca juga:

Selain itu, jangan lupa untuk menaburi adonan dengan tepung supaya adonan tidak lengket atau keras. 

Ilustrasi kue bolen pisang di atas loyang. SHUTTERSTOCK/ANJARSARI LAOFIATI PUTRI Ilustrasi kue bolen pisang di atas loyang.

5. Jangan tekan terlalu keras

Saat menggilas pastikan untuk tidak menekannya terlalu keras. Sebab jika terlalu keras adonan bisa jadi sobek dan hancur saat dipanggang. 

Buku "SMK - Kue Pastry Kontinential Cokelat & Hidangan Penutup" oleh Yesi Kusuma terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.