Kompas.com - 27/11/2021, 19:09 WIB
Ilustrasi udang segar. UNSPLASH/ Chamindu Perera Ilustrasi udang segar.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Pantai Parangtritis merupakan salah satu kawasan wisata di Yogyakarta yang terkenal. Di sekitar pantai ini terdapat deretan pantai lain dan gumuk pasir. 

Hal tersebut membuat kawasan Pantai Parangtritis ramai dikunjungi wisatawan. 

Setelah capek bermain air dan pasir  kamu dapat mengisi tenaga kembali dengan menyantap beragam sajian spesial yang ada di sekitar Pantai Parangtritis. 

Baca juga:

Berikut Kompas.com kumpulkan 15 tempat makan di sekitar Pantai Parangtritis yang patut dicoba. 

Ilustrasi ikan gurame bakar, sambal, dan lalapan di atas piring. SHUTTERSTOCK/REEZKY PRADATA Ilustrasi ikan gurame bakar, sambal, dan lalapan di atas piring.

1. Rumah Makan Seafood "Morotuman"

Buatmu yang datang beramai-ramai dengan keluarga, bisa mampir ke Rumah Makan Seafood "Morotuman".

Lokasi tempat makan ini berada di sekitar Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Tepatnya di sekitar Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. 

Di rumah makan ini kamu bisa menikmati beragam olahan ikan, udang, dan cumi. Selain itu tersedia pula tumis sayuran untuk pelengkapnya. 

Kalau ke sini, kamu bisa mencoba ikan kakap bakarnya yang terkenal enak. Harga satu paket ikan cakalang bakar, nasi, lalapan, dan minum sekitar Rp 20.000. 

Baca juga:

Jam operasional Rumah Makan Seafood "Morotuman" setiap pukul 08.00-18.00 WIB. 

2. RM Bu Aminah Pantai Parangtritis

Tak jauh dari Pantai Parangtritis ada satu tempat makan yang layak dicoba. Nama tempatnya yaitu RM Bu Aminah. Lokasinya ada di sekitar Jalan Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. 

Baca juga:

Di sini kamu bisa menikmati beragam ikan bakar serta berbagai tumisan untuk pelengkap. Tempatnya yang luas cocok untukmu yang datang rombongan atau beramai-ramai.

Sayangnya tak diketahui pasti berapa harga sajian di rumah makan ini.

Jika ingin mencoba, kamu bisa datang langsung ke RM Bu Aminah Pantai Parangtritis yang beroperasi setiap hari pukul 05.00-22.00 WIB. 

3. Rumah Makan Cipta Rasa

Rumah Makan Cipta Rasa memiliki beragam olahan seafood yang patut dicoba. Ada kerang hijau, udang, cumi, hingga kepiting. 

Aneka seafood tersebut diolah dengan bumbu dan saus yang khas. Lokasi rumah makan ini ada di sekitar Jalan Pantai Depok, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. 

Baca juga:

Jam bukanya setiap hari pukul 07.00-18.00 WIB. 

4. Warung Makan Salsabila 2

Ilustrasi udang goreng tepung asam manis.DOK.SHUTTERSTOCK/KHADIJAH SAMSU Ilustrasi udang goreng tepung asam manis.

Warung Makan Salsabila 2 menyajikan banyak olahan seafood dan ikan. Ada sajian bakar, goreng tepung, hingga tumisan bersaus seperti saus tiram dan saus padang. 

Harga sajian di warung makan ini dihitung per ons, jadi sebelum membeli ikan atau seafood yang kamu beli ditimbang terlebih dulu. 

Baca juga:

Lokasi Warung Makan Salsabila 2 tak jauh dari Pantai Parangtritis, bahkan ada di bibir pantainya. Jam operasionalnya setiap hari pukul 08.00-22.00 WIB. 

5. Tirto Segoro 

Tak jauh dari Pantai Parangtritis ada kawasan sand boarding yang ramai dikunjungi wisatawan. Di kawasan tersebut terdapat tempat makan enak yang bisa dikunjungi, yaitu Tirto Segoro. 

Tirto Segoro menyajikan beragam masakan yang cukup lengkap. Jika kebanyakan rumah makan di sekitar Pantai Parangtritis identik dengan seafood, di sini kamu juga bisa menyantap ingkung ayam hingga sup ayam. 

Baca juga:

Lokasi Tirto Segoro ada di Jalan Parangtritis Grogol IX Kretek Depok, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. Jam bukanya setiap pukul 06.00-18.00 WIB.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.