Kompas.com - 05/09/2021, 22:06 WIB
ilustrasi orang yang sedang belanja di swalayan. SHUTTERSTOCK/Syda Productionsilustrasi orang yang sedang belanja di swalayan.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Berbelanja bahan makanan harus hati-hati, khususnya bagi umat muslim. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tak keliru membeli barang nonhalal. 

Ir. Muti Arintawati, M.Si, Direktur Eksekutif LPPOM MUI kepada Kompas.com (03/09/2021), turut membagikan tips berbelanja bahan makanan halal untuk umat muslim. Berikut uraiannya.

Baca juga: 15 Bumbu dan Saus Khas Chinese Food, Salah Satunya Kecap Inggris

1. Cek label kemasannya

Saat berbelanja, pastikan kamu untuk memilih produk yang berlabel halal. Jika ragu, kamu dapat mengecek melalui laman MUI. 

Muti juga menjelaskan bahwa suatu produk khususnya import juga harus memiliki izin dari BPOM. Jadi, kamu pun perlu mengecek, apakah suatu produk sudah terdaftar di BPOM atau belum. 

"Jangan lupa lihat juga apakah sudah terdaftar di BPOM," ungkap Muti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekarang pilihan banyak kok, termasuk produk-produk dari luar juga banyak yang sudah bersertifikat halal. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memilih produk berlogo halal," tegasnya. 

Ilustrasi produk makanan di rak supermarket. PEXELS/ Mehrad Vosoughi Ilustrasi produk makanan di rak supermarket.

2. Cek komposisinya

Selain mengecek logo, kamu juga perlu memerhatikan komposisi atau bahannya. Hal ini perlu jadi altenatif saat kamu terpaksa membeli produk yang belum berlabel halal. 

"Kalau terpaksa dalam keadaan tertentu, harus memilih beli produk yang belum ada logo halalnya, ya harus baca dengan teliti ingradient-nya," ujar Muti.

Baca juga: Fungsi Angciu dalam Masakan, Biasa Dipakai di Chinese Food

3. Lebih teliti saat membeli di restoran 

Ilustrasi makan di tempat atau dine-in di sebuah restoran.UNSPLASH/ Jay Wennington Ilustrasi makan di tempat atau dine-in di sebuah restoran.

Saat membeli makanan di restoran, kamu juga perlu memerhatikan bahan-bahan yang digunakannya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.