Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koki Indonesia Akan Berlaga di Bocuse d’Or, Kompetisi Masak Bergengsi Dunia

Kompas.com - 30/08/2021, 17:25 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia akan kembali bertanding dalam kompetisi final koki profesional paling prestisius di dunia, Bocuse d’Or dari 26-27 September 2021 di Lyon, Perancis. 

Sebelumnya tim Indonesia juga pernah masuk dalam final kompetisi yang sama pada 2011.

Bocuse d’Or merupakan kompetisi memasak antar chef dari berbagai negara di dunia yang diadakan setiap dua tahun sekali di kota Lyon, Perancis, yang dikenal sebagai pusat gastronomi Perancis.

Kompetisi Bocuse d’Or sering disejajarkan dengan Olimpiade dan Piala Dunia dalam dunia kuliner.

Baca juga:

4 Warung Ayam Betutu Legendaris di Bali, Ada Ayam Betutu Men Tempeh

15 Sambal Khas Bali, Wajib Dicoba Para Pencinta Pedas

Indonesia akan diwakilkan oleh Chef Mandif Warokka dan Nugraha Lutfi, Commis dari restoran Blanco par Mandif di Ubud, Bali.

Mandif memiliki pengalaman beberapa kali bertanding di panggung internasional dan pernah mendapatkan medali emas di Salon Culinaire Dubai 2005.

Mandif Warokka mewakili Indonesia di Bocuse d'Or. Dok. Tim Indonesia Bocuse d'Or Mandif Warokka mewakili Indonesia di Bocuse d'Or.

"Semoga ini memperkuat kuliner indonesia di mata dunia, menjadi top of mind, bisa mempromosikan pariwisata Indonesia, dan bisa meningkatkan ekspor kuliner Indonesia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di acara jumpa pers virtual, Senin (30/8/2021).

Tim Indonesia dilatih oleh Chris Salans, chef dan juga pemilik dari restoran fine dining Mozaic di Ubud Bali.

Selain itu, mereka juga dilatih Chef Gilles Marx selaku Presiden dari Bocuse d’Or Indonesia dan pemilik dari restoran Amuz Gourmet di Jakarta. Gilles juga melatih tim Indonesia saat berkompetisi di Lyon pada 2011.

Tantangan tim Indonesia di Bocuse d’Or

Para juri menilai hasil masakan di  Bocuse d?Or Italia tahun 2018. Dok. Shutterstock/ Stefano Guidi Para juri menilai hasil masakan di Bocuse d?Or Italia tahun 2018.

Proses seleksi babak final Bocuse d’Or melalui beberapa tahap. Tahap pertama dilakukan secara nasional oleh negara-negara yang ingin berpartisipasi.

Tahap selanjutnya adalah tahap regional seperti Eropa, Asia Pasifik dan Amerika, hingga dipilih yang terbaik untuk bertanding di babak final di Lyon, Perancis.

Penilaian pemenang berdasarkan berbagai faktor seperti rasa yang merepresentasikan identitas lokal, desain atau tampilan makanan, kebersihan dapur, sampai bobot sampah yang dihasilkan.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com