Kompas.com - 17/07/2021, 08:12 WIB
Ilustrasi arem-arem, terbuat dari nasi dan santan dalam bungkus daun pisang. Isinya sambal tempe. SHUTTERSTOCK/RIANA AMBARSARIIlustrasi arem-arem, terbuat dari nasi dan santan dalam bungkus daun pisang. Isinya sambal tempe.

KOMPAS.com – Arem-arem merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah. Bentuknya secara fisik menyerupai lemper.

Namun keduanya terbuat dari bahan yang berbeda. Jika lemper menggunakan beras ketan, maka arem-arem terbuat dari beras biasa atau ada juga yang terbuat dari mi basah.

Biasanya arem-arem bisa diisi dengan berbagai macam bahan, bisa berupa sambal tempe, daging sapi cincang, daging ayam cincang, atau sayuran.

Cara membuat arem-arem tak terlampau rumit. Kamu juga bisa menjual arem-arem dengan harga yang ekonomis.

Baca juga: 6 Cara Membuat Risoles Anti Bocor dan Renyah dari Koki

Namun demikian, ada baiknya menyimak tips pembuatan arem-arem seperti yang disampaikan oleh Chef Lucky P. Nugraha dari The Jayakarta Hotel Bandung. Ini untuk mengurangi faktor kegagalan dalam membuat arem-arem. 

1. Lakukan aron dengan benar

Arem-arem tidak dibuat dengan cara direbus melainkan dikukus, sehingga beras yang digunakan pun harus dimasak dulu dengan cara diaron.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Harus diaron dulu, soalnya pada dasarnya arem-arem itu seperti lontong, bukan seperti ketupat yang langsung dimasukkan ke dalam cetakannya,” terang Lucky pada Kompas.com, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Resep Pastel Goreng Renyah Isi Kari Ayam, Bisa Jadi Ide Jualan

Proses aron beras ini harus dilakukan dengan benar karena akan berpengaruh pada tekstur dan kualitas arem-arem nantinya.

Ilustrasi nasi sedang dimasak pada wadah kayu. PEXELS/HUY PHAN Ilustrasi nasi sedang dimasak pada wadah kayu.

Aron merupakan salah satu teknik memasak nasi hingga setengah matang. Lalu nasi perlahan diaduk sambil dituangkan air panas.

Setelah itu barulah nasi aron bisa dibungkus dengan daun pisang untuk arem-arem, kemudian dikukus hingga matang.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.