Kompas.com - 30/06/2021, 17:07 WIB
Salah satu dari sejumlah frame sarang lebah dalam kotak ternak lebah madu yang ada di area budi daya lebah madu yang berada di lembah hutan kaki Gunung Pangrango di Desa Bojongmurni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu (23/5/2021). kompas.com / Nabilla RamadhianSalah satu dari sejumlah frame sarang lebah dalam kotak ternak lebah madu yang ada di area budi daya lebah madu yang berada di lembah hutan kaki Gunung Pangrango di Desa Bojongmurni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu (23/5/2021).

KOMPAS.com – Selain madu murni yang benar-benar asli diproduksi dari lebah, biasanya ada juga jenis madu yang sudah dicampur dengan berbagai bahan sintetis lainnya, seperti gula.

Menurut peternak lebah di Eduwisata Lebah Madu di Desa Bojongmurni, di kaki Gunung Pangrango bernama Iyan Supriyadi, ada empat jenis madu yang seringkali beredar di pasaran.

Empat jenis madu tersebut adalah madu murni, madu sintetis, madu oplosan, dan madu sirupan.

Baca juga: Cara Simpan Madu Asli, Perlu Kulkas atau Tidak?

“Sedikit sulit ketika kita membedakan mana madu murni dan sintetis,” kata Iyan yang juga Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (29/6/2021).

Membedakan jenis-jenis madu tak sekadar bisa dilakukan dengan memperhatikan warna, aroma, tekstur, atau pun rasa dari madu tersebut.

Ilustrasi madu mentahshutterstock Ilustrasi madu mentah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, di Indonesia banyak sekali jenis madu yang beredar dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

Ada yang warnanya gelap dan cerah, ada yang konsistensinya cair dan kental, aroma yang tajam dan halus, serta rasa yang manis, asam, ataupun pahit.

Tak ada patokan khusus, seperti misalnya madu yang cair artinya madu palsu atau madu yang punya rasa pahit sudah pasti madu asli.

Walaupun begitu, masih ada sedikit trik untuk membedakan madu murni dengan madu sintetis, oplosan, dan sirupan dengan sederhana. Berikut ini saran dari Iyan.

Baca juga: 3 Tips Bedakan Madu Hutan Asli dengan Madu Oplosan

1. Kenali dari rasa dan aroma

Cara ini khusus kamu yang sudah sering mengonsumsi madu murni sehingga sudah cukup mengenali sensasi rasanya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.