Kompas.com - 14/06/2021, 14:52 WIB
ilustrasi bacang yang dibungkus dengan daun bambu. SHUTTERSTOCK/Emily Liilustrasi bacang yang dibungkus dengan daun bambu.

KOMPAS.com - Cara membuat bacang bisa direbus dan dikukus. Di Indonesia, kedua metode memasak bacang itu umum digunakan tergantung kondisi beras.

Bacang adalah makanan yang berasal dari China dan terbuat dari beras atau beras ketan dengan tambahan isi seperti ayam, jamur, atau ebi.

"Karena kan dia pakai beras, karena dia mentah jadi harus direbus, kayak masak ketupat aja," ujar Chef Special Masakan Bangka dan Healthy Food Eddrian Tjhia saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Perayaan Hari Bacang, Bagaimana Sejarah Hari Sembahyang Bacang?

Beda bacang rebus dan kukus

Dua jenis bacang di Indonesia yang menggunakan metode masak berbeda adalah bacang bangka dan bacang medan.

Bacang asal Bangka umum menggunakan beras ketan yang sudah dimasak dengan metode kukus, sedangkan bacang khas Medan menggunakan beras ketan mentah dan direbus lama.

Menurut Chef Eddrian, bacang yang dimasak dengan metode rebus cenderung membutuhkan waktu lebih banyak karena bahannya masih mentah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bacang ketan khas Bangka yang dikukus hanya membutuhkan waktu mengukus selama 20-30 menit, sementara bacang khas Medan harus direbus selama berjam-jam.

Baca juga: Cara Masak Beras Ketan agar Tidak Keras untuk Bikin Bacang Bangka

"Nanti kalau udah dibungkus pakai daun pandan, kukusnya lima menit aja," kata Chef Eddrian.

ilustrasi bacang. SHUTTERSTOCK/Michaelnero ilustrasi bacang.

Akun YouTube Made With Lau menyebutkan bahwa bacang yang dikukus mirip dengan sajian Lo Mai Gai yang juga terbuat dari beras ketan dan dibungkus menggunakan daun lotus.

Cara pembuatan lo mai gai tidak jauh berbeda dengan bacang. Namun, beras ketan dimasak terlebih dahulu hingga matang kemudian ditambah dengan bahan isian seperti jamur, ayam, dan sosis.

Karena beras ketan sudah matang, membuat lo ma gai tidak membutuhkan banyak waktu seperti membuat bacang.

Baca juga: Resep Bacang Ketan Spesial Isi Ayam dan Udang, Rasanya Gurih




25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X