Kompas.com - 05/05/2021, 20:37 WIB

KOMPAS.com - Madu mongso adalah jajan tradisional yang kerap disajikan saat Lebaran. Kamu dapat menemukan madu mongso di Jawa Timur termasuk Ponorogo dan Trenggalek.

Terbuat dari tape ketan hitam, membuat rasa madu mongso manis legit.

Pastikan untuk menggunakan ketan hitam kualitas baik agar hasil akhir madu mongso tidak keras atau ngletis, dalam istilah Bahasa Jawa.

Yuk, ikuti cara bikin madu mongso ketan hitam yang dicampur kurma sesuai resep dari buku "Seri Wirausaha Kuliner Edisi Lebaran – 92 Resep Sajian Lebaran" oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada.

Baca juga: Tips Masak Bubur Ketan Hitam agar Empuk dan Tidak Gosong

Resep madu mongso tape ketan hitam

Bahan (20 bungkus)

  • 500 gram tape ketan hitam, siap pakai
  • 850 ml santan 
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 100 gram gula pasir
  • 150 gram gula merah
  • 100 gram buah kurma, buang bijinya, cincang kasar
  • 2 lembar daun pandan

Baca juga: 3 Cara Simpan Kurma agar Tidak Jamuran dan Berkutu, Awet 1 Tahun

Kemasan

  • Plastik transparan
  • Benang kasur

 

Cara membuat madu mongso tape ketan hitam

  1. Rebus santan bersama gula merah, gula pasir, vanili, dan daun pandan. Masak di atas api sedang sambil aduk rata hingga kental dan berminyak.
  2. Masukkan tape ketan hitam dan kurma sambil diaduk rata. Masak dengan api kecil hingga kering dan tidak melekat di tangan. Angkat dan dinginkan.
  3. Ambil sedikit adonan lebih kurang 1 sendok makan. Bentuk kerucut dan lapisi dengan plastik transparan. Ikat agar aman. Sajikan.

Baca juga: Cara Membuat Tepung Ketan Hitam Sendiri di Rumah

Buku "Seri Wirausaha Kuliner Edisi Lebaran – 92 Resep Sajian Lebaran" oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada dapat dibeli online di Gramedia.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.