Kompas.com - 05/05/2021, 20:11 WIB
Kapulaga Jawa. DOK.SHUTTERSTOCK/YOHANES_SETIYANTOKapulaga Jawa.

KOMPAS.com - Kapulaga biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah rasa dan aroma sedap.

Tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan, kapulaga juga memiliki segudang khasiat.

Salah satunya, kapulaga dapat membantu menurunkan tekanan darah karena sifatnya sebagai antioksidan dan diuretik, seperti yang dilansir dari Healthline.

Oleh karena itu, ketahui cara gunakan kapulaga agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal atau sebagai penyedap masakan dengan aroma sedap yang kuat berikut ini.

Baca juga: Pentingnya Bumbu Rempah untuk Rebus Daging dan Ayam

1. Tumbuk hingga halus

Ilustrasi kapulaga jawa.DOK.SHUTTERSTOCK/JAKA SURYANTA Ilustrasi kapulaga jawa.

Dilansir dari buku “Sehat dengan Rempah dan Bumbu Dapur” (2016) oleh Made Astawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, tumbuk ringan buah kapulaga.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, ayak dan buang kulitnya. Tumbuk biji kapulaga hingga halus atau setengah kasar. Bubuhkan pada masakan atau racikan minuman hangat.

2. Panggang selama beberapa menit

Dilansir dari The Spruce Eats, kamu juga bisa memanggang kapulaga untuk ditambahkan ke dalam kopi atau teh agar rasa dan aromanya keluar.

Panggang kapulaga dalam wajan anti lengket selama beberapa menit. angkat dan biarkan dingin.

Pisahkan antara kulit dan bijinya. Gunakan kulitnya sebagai tambahan kopi atau teh. Sementara bijinya bisa digiling sebagai penyedap masakan.

Baca juga: 9 Peran Rempah, Pemicu Ekspedisi dan Medium Ritual Keagamaan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X