Kompas.com - 14/04/2021, 17:37 WIB
Ilustrasi kurma kering dalam kemasan. Cara menyimpan kurma harus tepat supaya buah ini bisa awet dari 3 bulan sampai 1 tahun. SHUTTERSTOCK/SERGEY RYZHOVIlustrasi kurma kering dalam kemasan. Cara menyimpan kurma harus tepat supaya buah ini bisa awet dari 3 bulan sampai 1 tahun.

KOMPAS.com - Pastikan untuk menyimpan stok kurma di rumah dengan tepat. Kalau salah langkah, kurma bisa lekas berjamur dan berkutu.

Kurma termasuk buah yang awet apabila disimpan dengan cara yang tepat. Ada jenis kurma yang daya simpannya 3-6 bulan sampai 1 tahun.

Melansir Kompas.com, berikut beda masa simpan kurma kering dan kurma basah serta cara menyimpan kurma agar tidak kutuan dan jamuran.

Baca juga: Jangan Sampai Berkutu dan Berjamur, Begini 4 Cara Tepat Menyimpan Kurma

Ilustrasi dua mangkuk buah kurma. Bila disimpan dengan cara yang tepat, kurma bisa awet dari 3 bulan sampai 1 tahun.SHUTTERSTOCK/MAMA_MIA Ilustrasi dua mangkuk buah kurma. Bila disimpan dengan cara yang tepat, kurma bisa awet dari 3 bulan sampai 1 tahun.

Masa simpan kurma kering dan kurma basah

Masa simpan kurma kering dengan kurma basah berbeda. Ajwa dan medjool, dua di antara jenis kurma kering. Sementara, sukari dan turnis adalah kurma basah.

Menurut Banquet Sous Chef di Jakarta International Expo dan Convention Kemayoran Fahad Fuad, Selasa (12/5/2020), kurma kering rata-rata dapat awet sampai lebih dari satu tahun.

Berbeda dengan kurma basah, kurma mentah, kurma mengkal, maupun kurma setengah matang yang masa simpannya maksimal satu minggu di dalam kulkas.

Daya simpan kurma basah lebih singkat apabila disimpan pada suhu ruang.

Namun, perhatikan juga keterangan kedaluwarsa pada kemasan dan cara menyimpan yang tepat.

Baca juga: Beda Kurma Manis Alami dengan Manis Buatan, Jangan Salah Pilih

1. Simpan kurma dalam wadah bersih tertutup

Illustrasi berbuka puasa dengan kurma terlebih dahuluDok. Shutterstock Illustrasi berbuka puasa dengan kurma terlebih dahulu

Letakkan kurma kering maupun basah dalam wadah bersih bertutup. Kemudian, simpan dalam tempat suhu ruang maupun kulkas.

Meletakkan kurma dalam wadah tertutup untuk menjaga kualitas kurma agar tetap baik dan enak saat disantap. Bisa juga menggunakan plastik kedap udara atau kotak plastik.

Selain wadah lain, kurma dapat disimpan dalam kemasan aslinya, asalkan dari plastik atau mika. Hindari menyimpan kurma dalam kardus terutama jika disimpan dalam kulkas.

Pasalnya, permukaan karton atau kardus mempunyai celah atau rongga. Bakteri mungkin saja berkembang melalui celah tersebut. Nantinya, dikhawatirkan mencemarkan kurma maupun makanan lain dalam kulkas.

Sementara itu, Executive Chef of Mercure Jakarta Simatupang Noldy Herling pada Rabu (13/5/2020), menyampaikan kamu dapat menyiram kurma dengan sedikit madu asli. Biasanya kurma akan lebih awet dan sehat.

Baca juga: Apa Bedanya Kurma Ajwa dengan Kurma Biasa?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X