Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2021, 18:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak jenis kurma premium yang populer di Indonesia. Salah satu jenis kurma yang terkenal ialah kurma ajwa atau kurma nabi

Kurma ini biasanya dijual dengan harga mahal. Konon karena kurma ajwa memiliki beragam manfaat kesehatan dan menjadi favorit Nabi Muhammad SAW.

Lantas, sebetulnya apa sih kurma ajwa? Berikut uraian penjelasannya. 

Baca juga: Resep Cake Pandan Kurma Panggang, Hasilnya Empuk dan Lembut

Apa itu kurma ajwa?

Jenis kurma nabi atau kurma ajwa yang identik dengan kurma kesukaan Rasulullah, dijual di Pasar Tanah Abang Blok B, Rabu (23/5/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Jenis kurma nabi atau kurma ajwa yang identik dengan kurma kesukaan Rasulullah, dijual di Pasar Tanah Abang Blok B, Rabu (23/5/2018).

Desi Sayyidati Rahimah dalam buku "Kurma dari Gurun ke Tropis" terbitan PT Gramedia Pustaka Utama menuliskan bahwa kurma ajwa adalah jenis kurma premium yang berasal dari Madinah. 

Tepatnya di dataran tinggi dekat Nejed, Saudi Arabi. Peziarah haji dari seluruh dunia biasanya membeli kurma ajwa untuk dijadikan oleh-oleh. 

Kurma ajwa berbentuk bulat dengan tekstur kulit yang halus tetapi mengerut. Rasa daging buahnya agak manis seperti kismis. Namun teksturnya daging buahnya tidak begitu lembut.  

Baca juga: Resep Brownies Kurma Panggang, Hidangan Takjil Kekinian

Biasanya kurma ajwa dikonsumsi pada tahap kematangan tamar, yakni ketika kulitnya sudah berwarna coklat kehitaman. 

Kurma ajwa yang belum masak atau masih khalal berwarna merah kesumba. Pada tahap rutap, kurma ajwa muncul warna hitam dari bagian ujungnya. 

Di Indonesia, harga kurma ajwa lebih mahal daripada jenis kurma kebanyakan. Dilihat dari marketplace, satu kilogramnya diberi harga lebih kurang Rp 200.000.  

Baca juga: Resep Minuman Rempah Campur Kurma, Bikin Hangat Saat Musim Hujan

Manfaat kurma ajwa

Berbuka dengan kurma merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Tapi di samping itu, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan.UNSPLASH/MONA MOK Berbuka dengan kurma merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Tapi di samping itu, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Kurma ajwa disebut sebagai kurma pertama yang dibudidayakan oleh Nabi Muhammad SAW, seperti dilansir dari Arab News.

Hal inilah yang lantas membuat membuat kurma ajwa juga dikenal dengan sebutan kurma nabi.

Setelah ditanam oleh Nabi Muhammad SAW, kurma ajwa lalu mulai dibudidayakan hampir di seluruh tanah Arab. 

Kurma ajwa dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahkan dulu masyarakat Arab gemar mengonsumsi kurma ajwa sebanyak lima sampai tujuh buah per hari. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com