Kompas.com - 13/04/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi kolang-kaling. Dok. Shutterstock/HarismoyoIlustrasi kolang-kaling.

KOMPAS.com - Kolang-kaling merupakan buah dari biji pohon aren yang masih muda. Biasanya, kolang-kaling diolah menjadi bahan berbagai makanan seperti kolak dan manisan.

Buat kamu yang berencana membuat menu takjil menyegarkan berbahan kolang-kaling, sebaiknya ketahui cara pilih kolang-kaling yang bagus dan empuk saat dimasak.

Dikutip dalam buku “Pangan Sehat Tinggi Kalsium Kolang-kaling & Siwalan” (2015) karya Hindah J. Muaris terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut cara pilih kolang-kaling yang bagus.

Baca juga: Resep Kolang-kaling Es Krim, Takjil Kekinian

1. Pilih buah kolang-kaling muda

Aktivitas warga Kedunghilir, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur di setiap bulan Ramadhan tiba sebagai perajin kolang kaling seperti yang terlihat Selasa (14/05/2019).KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Aktivitas warga Kedunghilir, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur di setiap bulan Ramadhan tiba sebagai perajin kolang kaling seperti yang terlihat Selasa (14/05/2019).

Tips memilih kolang-kaling yang pertama adalah pilih buah kolang-kaling yang masih muda. Itu karena mudah dimasak dan lezat ketika dihidangkan menjadi minuman atau makanan.

Buah kolang-kaling yang muda memiliki bentuk buah yang pipih, lebar, dan tipis.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Daging buah kolang-kaling berwarna putih alami

Perhatikan daging buah kolang-kaling di wadah penjual. Pastikan untuk memilih yang dagingnya berwarna putih alami.

Warna putih alami pada buah kolang-kaling adalah bening, tapi juga sedikit kusam.

Baca juga: Resep Es Blewah Kolang-kaling, Takjil Murah untuk Jualan

3. Hindari memilih daging buah kolang-kaling yang lunak

Menjelang bulan Ramadhan pedagang kolang-kaling musiman mulai berdagang di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (18/7/2012). Para pedangang menjual kolang-kaling itu dengan harga Rp 6.000 sampai Rp 8.000 per kilogram.KOMPAS IMAGES / VITALIS YOGI TRISNA Menjelang bulan Ramadhan pedagang kolang-kaling musiman mulai berdagang di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (18/7/2012). Para pedangang menjual kolang-kaling itu dengan harga Rp 6.000 sampai Rp 8.000 per kilogram.

Ambil satu daging buah kolang-kaling dari wadah penjual untuk mengecek tekstur dari buah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X