Kompas.com - 21/03/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi centella asiatica atau daun pegagan atau gotu kola. PIXABAY/BRUCE LAMIlustrasi centella asiatica atau daun pegagan atau gotu kola.

KOMPAS.com - Centella asiatica, daun yang mempunyai beragam nama lain termasuk daun pegagan di Indonesia dan gotu kola di India.

Daun pegagan termasuk mudah tumbuh dan bisa ditemukan di rawa-rawa. Walaupun demikian daun pegagan memiliki banyak khasiat yang menyembuhkan aneka penyakit.

Daun pegagan diketahui memiliki manfaat untuk merawat kecantikan kulit wajah. Namun, sebelumnya daun pegagan pun sudah dikonsumsi sebagai makanan sehat.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait daun pegagan.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Daun Pegagan, Tak Hanya untuk Bahan Skincare

Ilustrasi centella asiatica atau daun pegagan atau gotu kola. PIXABAY/BISHNU SARANGI Ilustrasi centella asiatica atau daun pegagan atau gotu kola.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daun pegagan untuk pengobatan tradisional

Daun pegagan adalah daun yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun serta dalam pengobatan yang teruji secara ilmiah, seperti mengutip jurnal "Centella asiatica in cosmetology" oleh Bylka W dan kawan-kawan.

Baca juga: Resep Olahan Daun Pegagan, Gotu Kola Sambol yang Mirip Urap

Daun pegagan berbentuk seperti ginjal dengan tepi bergerigi. Bunga pegagan berwarna merah muda atau putih. Bunga pegagan tersusun seperti payung.

Dalam buku “Seri Mukjizat Daun: Daun Pegagan” (2019) oleh Hieronymus Budi Santoso penerbit Pohon Cahaya Semesta tertera bahwa daun pegagan dapat mengobat sejumlah penyakit.

Daun pegagan atau kaki kuda mampu mengobati demam, hipertensi, amandel, sariawan, batuk, sesak napas, dan memperlancar air seni.

Baca juga: 6 Fakta Daun Binahong, dari Khasiat Kesehatan sampai Cara Olah

Cara konsumsi daun pegagan

Terdapat beberapa cara mengonsumsi daun pegagan. Dua cara yang cukup umum adalah menjadikannya tumis sayur dan menjadikannya teh.

Cara minum daun pegagan untuk mengobati demam adalah dengan menumbuk daun pegagan segar. Kemudian, ditambah sedikit air dan garam. Baru disaring.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X