Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Centella Asiatica atau Pegagan? Daun Liar Berkhasiat

Kompas.com - 21/03/2021, 14:30 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Centella asiatica, daun yang mempunyai beragam nama lain termasuk daun pegagan di Indonesia dan gotu kola di India.

Daun pegagan termasuk mudah tumbuh dan bisa ditemukan di rawa-rawa. Walaupun demikian daun pegagan memiliki banyak khasiat yang menyembuhkan aneka penyakit.

Daun pegagan diketahui memiliki manfaat untuk merawat kecantikan kulit wajah. Namun, sebelumnya daun pegagan pun sudah dikonsumsi sebagai makanan sehat.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait daun pegagan.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Daun Pegagan, Tak Hanya untuk Bahan Skincare

Ilustrasi centella asiatica atau daun pegagan atau gotu kola. PIXABAY/BISHNU SARANGI Ilustrasi centella asiatica atau daun pegagan atau gotu kola.

Daun pegagan untuk pengobatan tradisional

Daun pegagan adalah daun yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun serta dalam pengobatan yang teruji secara ilmiah, seperti mengutip jurnal "Centella asiatica in cosmetology" oleh Bylka W dan kawan-kawan.

Baca juga: Resep Olahan Daun Pegagan, Gotu Kola Sambol yang Mirip Urap

Daun pegagan berbentuk seperti ginjal dengan tepi bergerigi. Bunga pegagan berwarna merah muda atau putih. Bunga pegagan tersusun seperti payung.

Dalam buku “Seri Mukjizat Daun: Daun Pegagan” (2019) oleh Hieronymus Budi Santoso penerbit Pohon Cahaya Semesta tertera bahwa daun pegagan dapat mengobat sejumlah penyakit.

Daun pegagan atau kaki kuda mampu mengobati demam, hipertensi, amandel, sariawan, batuk, sesak napas, dan memperlancar air seni.

Baca juga: 6 Fakta Daun Binahong, dari Khasiat Kesehatan sampai Cara Olah

Cara konsumsi daun pegagan

Terdapat beberapa cara mengonsumsi daun pegagan. Dua cara yang cukup umum adalah menjadikannya tumis sayur dan menjadikannya teh.

Cara minum daun pegagan untuk mengobati demam adalah dengan menumbuk daun pegagan segar. Kemudian, ditambah sedikit air dan garam. Baru disaring.

Ramuan teh daun pegagan dapat diminum pagi sebelum sarapan atau saat perut masih kosong agar khasiatnya lebih terasa.

Sementara untuk tumis daun pegagan. Daun ini dapat dicampur dengan bumbu dapur sederhana seperti bawang, cabai, dan tomat.

Selain ditumis maupun dijadikan teh, daun pegagan dapat diolah menjadi beragam makanan.

Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Pawon Gendis, Dwi Martuti Rahayu (34), memamerkan produk makanan olahan dari daun pegagan di Pedukuhan Salakmalang, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, Rabu (24/5/2017). KOMPAS.com/TEUKU MUH GUCI S Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Pawon Gendis, Dwi Martuti Rahayu (34), memamerkan produk makanan olahan dari daun pegagan di Pedukuhan Salakmalang, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, Rabu (24/5/2017).

Mengutip Kompas.com, daun pegagan dapat diolah menjadi keripik, bahan tambahan cendol, lotek, sampai minuman kekinian seperti milkshake.

Baca juga: Yuk Cicipi Makanan Dicampur Tanaman Liar di Kulon Progo

Melansir Healthline, ada manfaat kesehatan apabila mengonsumsi daun pegagan dalam dosis yang tepat. Di antaranya adalah meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, mengurangi insomnia, dan untuk detoksifikasi.

Daun pegagan juga dipercaya dapat mengurangi nyeri sendi dan membantu mengobati penyakit Alzheimer.

Selain itu, daun pegagan juga bisa mengobati demam, hipertensi, amandel, sariawan, batuk, sesak napas, dan memperlancar air seni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com