Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2021, 15:07 WIB
Alma Erin Mentari,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara potong wortel untuk sop biasanya menggunakan potongan yang itu-itu saja. Misalnya, potongan bulat untuk sop ayam dan potongan dadu untuk sop kental.

Padahal ada banyak potongan wortel yang bisa digunakan. Dilansir dari My Recipes, berikut cara potong wortel untuk sop agar terlihat lebih menarik. Juga tips pilih tips wortel untuk sop.

Baca juga: Cara Potong Wortel Korek Api, Cocok untuk Salad dan Lumpia

Cara memilih wortel untuk sop

Wortel yang dijual di pasar atau supermarket biasanya memiliki tiga ukuran. Pertama, ada baby carrots, wortel ukuran mini ini biasanya diolah menjadi camilan rebus atau tumis.

Kedua, wortel dengan ukuran sedang. Biasanya jenis dari wortel ini adalah mantes. Memiliki ciri-ciri berbentuk bulat yang tidak meruncing di bagian bawahnya.

Ketiga, wortel dengan ukuran besar. Kamu bisa memilih wortel dengan bentuk besar yang meruncing di bagian ujungnya. Wortel dengan ciri ini bisa kamu pilih untuk isian sop karena mudah dipotong.

Kupas wortel sebelum dipotong

Wortel organik biasanya memiliki kulit yang lebih tipis dan mudah dicuci. Sebaliknya, wortel biasa memiliki kulit tebal yang mana kotorannya sedikit sulit dibersihkan.

Sebaiknya, kupas wortel dengan pengupas sayuran berbentuk lurus atau pengupas berbentuk Y. Kupas seluruh bagian wortel hingga bersih.

Setelah itu, potong 0,5-1 cm bagian atas dan bawang wortel.

Cara potong wortel untuk sop

Berikut cara potong wortel yang bisa kamu ikuti, bukan hanya untuk sop. Tapi kamu juga bisa menggunakan potongan ini untuk menu hidangan berkuah lainnya.

1. Koin

Selalu gunakan pisau yang tajam dan pegang wortel dengan kuat. Lalu, letakkan jari-jari ke arah dalam, seperti setengah mengepal. Hal ini untuk menghindari jari teriris pisau.

Untuk potongan koin, kamu bisa langsung memotongnya setelah dikupas. Potong dengan ketebalan sesuai yang diinginkan.

2. Setengah bulan

Kamu juga bisa memotong wortel menjadi bentuk setengah bulan. Caranya mudah, potong menjadi dua bagian potongan koin.

3. Bunga

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com