Cara Masak Ikan Fillet ala MasterChef Indonesia, Tips dari Chef Vindex Tengker

Kompas.com - 20/12/2020, 16:16 WIB
Ilustrasi ikan barramundi filet panggang, lengkap dengan asparagus. SHUTTERSTOCK/JOYCE MARIlustrasi ikan barramundi filet panggang, lengkap dengan asparagus.

KOMPAS.com - Chef Vindex Tengker membagikan cara masak ikan pakai oven sampai matang sempurna di galeri MasterChef Indonesia season 7 episode Sabtu (19/12/2020).

Juri MasterChef Indonesia season 1 ini mencontohkan cara membuat Baked Barramundi with Bubur Manado Risotto & Shrimp Paste Sambal.

Baca juga: Resep Risotto Bubur Manado ala Chef Vindex Tengker pada MasterChef Indonesia

Pada prosesnya, Chef Vindex memfilet dulu ikan barramundi dengan rapi dan cepat. Tidak ada daging yang menempel pada tulang ikan.

Selanjutnya, ia memasak ikan barramundi menggunakan oven sembari membuat hidangan lain seperti risotto dan sambal terasi.

Panaskan oven dulu

Sebelum memanggang ikan barramundi, oven telah digunakan untuk memanggang labu kuning untuk risotto. Mungkin masih ada sisa panas dari pemanggangan tersebut.

Namun, untuk memastikan oven sudah panas, nyalakan lagi sampai suhu 170-180 derajat celsius. Lakukan sebelum memanggang ikan.

Sementara menurut Better Homes and Gardens, kamu dapat memanaskan oven pada suhu 232 derajat celsius selama 10-15 menit.

Baca juga: Kenapa Oven Wajib Dipanaskan Sebelum Panggang Kue?

Ilustrasi ikan fillet di atas loyang, usai dipanggang. SHUTTERSTOCK/CASANISA Ilustrasi ikan fillet di atas loyang, usai dipanggang.

Ketebalan ikan dan penataan di atas loyang

Ketebalan ikan menentukan durasi memanggang, semakin tebal bisa semakin lama.

Chef Vindex memfilet ikan barramundi yang ketebalannya termasuk medium fillets atau 2,5-3,8 sentimeter, seperti dikutip dari Fishfiles.

Baca juga: Cara Fillet Ikan Makerel agar Daging Tidak Hancur, Tantangan Peserta MasterChef Indonesia

Ia menata 3 potongan ikan secara sejajar di atas loyang. Hal ini membantu ikan matang merata.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X