Kompas.com - 06/12/2020, 19:46 WIB
Ilustrasi ikan sedang difillet. SHUTTERSTOCK/PRARINYAIlustrasi ikan sedang difillet.

KOMPAS.com - Peserta MasterChef Indonesia season 7 harus mengolah ikan sabah yang masih sekeluarga dengan ikan makerel saat tantangan Duplicate Dish episode Minggu (6/12/2020).

Menurut Chef Juna, tingkat kesulitan paling tinggi adalah memfilet ikan. Pertama, harus cepat karena ikan sabah cenderung cepat amis di suhu ruangan. Kedua, hasilnya rapi dengan memisahkan daging dari tulang dan kepala.

Baca juga: Apa Itu Ikan Sweetlip Emperor pada MasterChef Indonesia? Panjangnya Sampai 1 Meter

Kamu cukup menyiapkan talenan dan pisau tajam untuk memfilet ikan. Menurut Great British Chefs, berikut cara memfilet ikan makerel agar dagingnya tidak hancur.

Ilustrasi ikan filet siap dipanggang. PIXABAY/MARKUS DISTELRATH Ilustrasi ikan filet siap dipanggang.

1. Posisikan pisau sejajar dengan lekukan insang. Buat sayatan di belakang sirip ikan sampai pisau mengenai tulang punggung. Balik ikan, lakukan cara yang sama pada sisi satunya.

2. Balik ikan, bagian perut di bagian bawah. Potong bagian kepala sampai terputus.

3. Letakkan ikan di atas talenan, iris bagian tulang punggung. Iris semepet mungkin dengan tulang ikan.

4. Potong ikan dengan gerakan agak menyeret, perlahan. Usahakan sedekat mungkin dengan tulang punggung. Pastikan pegang pisau sejajar dengan talenan. Sisihkan.

Baca juga: Cara Membuat Fillet Ikan Segar, Perlu 2 Langkah Saja

5. Potong kulit ikan di samping tulang punggung. Filet lagi sisi lain ikan dengan cara sama. Selalu posisikan pisau sejajar atau lurus dengan talenan.

6. Cabut duri ikan menggunakan pinset.

7. Pisahkan daging dari kulit secara perlahan, posisi pisau tetap sejajar. Lakukan perlahan agar daging tidak rusak.

8. Cuci ikan filet menggunakan air dingin. Keringkan menggunakan tisu makan, tepuk perlahan. Ikan makerel filet siap diolah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X