Kompas.com - 20/12/2020, 09:09 WIB
Ilustrasi sate maranggi. Dok. Shutterstock/Ika Rahma HIlustrasi sate maranggi.

KOMPAS.com - Punya stok daging ayam dan berkeinginan untuk membuat sate? Kamu perlu mempelajari cara potong daging ayam untuk sate biar hasilnya lebih juicy.

Dilansir dari Live Strong, teknik dasar memotong daging ayam untuk sate yang tepat adalah potongan dadu. Potongan dadu membuat daging ayam tidak mudah hancur saat dibakar. 

Berikut cara potong daging ayam.

Baca juga: Cara Pilih Daging Ayam Segar, Lihat dari 3 Hal Ini...

Cara potong daging ayam untuk sate

Ilustrasi potong daging ayam untuk sate dok. shutterstock/Hots Viktoria Ilustrasi potong daging ayam untuk sate

1. Letakkan dada ayam di sebuah talenan dengan sisi halusnya menghadap ke atas. Perhatikan daging baik-baik untuk menemukan arah dari serat dagingnya. Serat tersebut haruslah sejajar dengan arah hadapmu. 

2. Arahkan pisau tegak lurus ke bagian serat dan potong dada ayam berlawanan dengan arah urat hingga menjadi potongan yang lurus. 

Potong dada ayam lurus dengan lebar sekitar 1,5 cm hingga 3,5 cm. Potongan dengan lebar sekitar 1,5 cm cocok digunakan sebagai isian salad, sedangkan potongan dengan lebar sekitar 3,5 cm cocok digunakan sebagai isian kebab. 

Gunakan pisau koki yang tajam untuk hasil yang lebih sempurna, karena potongan daging menjadi tidak tersuwir-suwir. 

Baca juga: Kenapa Daging Ayam Tidak Boleh Dimakan Mentah?

3. Letakkan potongan strip daging ayam dari sisi ke sisi bagian depan kamu. Potong menjadi irisan yang lebih penting.

Beberapa potongan daging ayam mungkin tidak berbentuk dadu sempurna karena ujungnya yang lebih bulat dan runcing. 

Tips: Saat memotong bagian dada ayam yang lebih tebal, kamu mungkin akan memotongnya kembali agar lebarnya bagian dada ayam lainnya.

Cara lainnya, kamu bisa memotong horizontal terlebih dulu, sebelum memotongnya menjadi potongan dadu. Kemudian, potong dada ayam dengan arah pisau yang sejajar dengan talenan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X