Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2020, 11:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Beras jepang selama ini terkenal pulen, bersih, dan harum. Rasa nasi di Jepang juga bisa dibilang jempolan.

Banyak wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Jepang ketagihan rasa nasi di sana. Apa rahasia kenikmatan nasi di Jepang?

Dikutip dari buku saku Ministry of Agriculture, Foresty, and Fisheries Government of Japan, The Washoku Way, kunci kenikmatan nasi jepang ada pada beberapa hal.

Jepang adalah negara yang curah hujannya cukup tinggi, ideal untuk menanam padi.

Baca juga: Resep Kani Roll ala Restoran Jepang, Cocok untuk Katering atau Jual Makanan

Selama beberapa dekade Jepang melakukan penelitian dan budidaya padi untuk menghasilkan varietas beras kualitas baik dan panen yang melimpah.

Masaaki Funakubo dari toko beras yang berbasis di Tokyo, Funakubo Shoten mengatakan setiap beras diperlakukan dengan berbeda, tergantung jenisnya.

"Saat mengeluarkan beras dari sekam kami melakukan dengan hati-hati agar tidak menghilangkan rasa umami di bulir beras," kata Funakubo.

Ilustrasi makanan JepangSHUTTERSTOCK/Nishihama Ilustrasi makanan Jepang

Ia juga menyimpan beras di lumbung dengan kelembapan dan suhu yang terkendali. Sebab, Funakubo menyebutkan cara menyimpan beras sangat berpengaruh pada rasa beras.

Terakhir, rice cooker dengan tekonologi canggih juga disebutkan berpengaruh pada rasa nasi.

Baca juga: Resep Arem-arem dari Nasi Sisa, Bentuknya Mirip Lemper

Sementara itu, Executive Souschef hidangan Jepang di Aerofood ACS, Shuichi Osawa ditemui Kompas.com pada Kamis (18/10/2018) mengatakan ada kemungkinan beras dari Jepang yang dimasak di Indonesia rasanya akan beda.

"Air di Indonesia mineralnya tinggi, jadi kalau bawa beras dari Jepang, kemudian masak di Indonesia hasilnya akan beda. Malah bisa jadi lembek seperti bubur," kata Osawa.

Menurut Osawa yang pernah bekerja sebagai koki restoran, hotel, dan kini katering pesawat mengatakan orang Jepang kritis akan kualitas nasi.

Baca juga: Resep Nasi Gurih Ayam, Bisa Pakai Rice Cooker

"Jadi kalau misal lauknya enak tetapi nasinya tidak enak pasti akan dikomplain. Kalau lauknya biasa saja, nasinya enak tidak akan dikomplain," kata Osawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com