5 Tempat Kuliner di Yogyakarta yang Viral di TikTok, Ada Lupis Mbah Satinem

Kompas.com - 24/11/2020, 18:08 WIB
lupis Mbah Satinem Shutterstocklupis Mbah Satinem

KOMPAS.com - Selain terkenal sebagai kota yang memiliki banyak tempat wisata, Yogyakarta juga dikenal memiliki banyak tempat makan atau tempat kuliner.

Sebagian di antaranya, diketahui banyak orang karena sudah menjadi kuliner legendaris. Ada juga yang terkenal karena cita rasanya. 

Tempat-tempat kuliner ini pun makin diketahui lantaran viral di media sosial TikTok. Berikut Kompas.com merangkumnya dalam 5 tempat makan di Yogyakarta yang viral di TikTok :

Baca juga: 15 Makanan Khas Yogyakarta, Ada Kopi Joss dan Brongkos

1. Mie Ayam Bakso Balungan dan Tetelan

ilustrasi mie ayamShutterstock ilustrasi mie ayam

Kuliner ini disebut juga sebagai Mie Ayam Porsi Ugal-ugalan karena porsinya yang super banyak. Meski demikian, harganya tetap sangat terjangkau.

Video yang diunggah oleh pengguna TikTok Evan Media ini telah ditonton sebanyak 1,1 juta kali dan mendapatkan like sebanyak 113,9 ribu.

Khas dari Mie Ayam ini tentu saja terletak pada mienya dan ayam yang sangat banyak. Selain itu diberi pula topping tetelan. 

Di warung ini pun menjual berbagai macam bakso seperti bakso urat, bakso mangkok, bakso mercon, bakso iga, dan bakso selimut kabut.

Bagi kamu yang penasaran, bisa datang ke Jalan Kawijo, No. 4, Serut Pengasih, Kulonprogo. Untuk harganya sangat terjangkau dimulai dari Rp 9.000 hingga Rp 15.000.

2. Nasi Soo'on Sambel Joos Bu Roso

Makanan yang satu ini terbilang sangat sederhana. Hanya berisikan nasi, sambal, soun, dan gorengan. Namun pembelinya sangat banyak.

Konon, makanan sederhana ini terkenal lezat. Tak hanya itu, harganya pun sangat murah yakni Rp 5.000 per porsinya.

Video mengenai nasi soun ini diunggah oleh pengguna TikTok @jogjabikinlaper. Videonya telah ditonton 429,8 ribu kali, dan mendapat 10,3 ribu like.

Warung ini berlokasi di Jalan Brigjen Katmso, Prawirodirjan, Gondoman, Yogyakarta. Warungnya hanya buka dari pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.

3. Warung Kopi Klotok

Warung ini memang terkenal karena kelezatan dan harga makanannya yang murah. Dengan berbekal Rp 11.500, kamu bisa makan sepuasnya.

Isi makanannya yakni nasi, sayur lodeh, telur, tempe, sayur asem, sop, sambel terasi, hingga gorengan. Menu lainnya yang juara adalah pisang goreng.

Pengguna TikTok @Hendri Aditya mengunggah videonya pada 1 November 2020 lalu. Video ini telah ditonton 132,7 ribu kali dan disukai 5.977.

Warung Kopi Klotok berlokasi di Jalan Kaliurang, Nomor KM 16, Area Sawah, Pakembinangun, Sleman Yogyakarta. Meski ramai, kamu tak perlu khawatir.

Karena warung ini memiliki tempat yang luas baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X