Cara Simpan Timun agar Tetap Segar dan Teksturnya Garing

Kompas.com - 24/11/2020, 13:18 WIB
Ilustrasi timun. Dok. Shutterstock/IZZ HAZELIlustrasi timun.

 

KOMPAS.com – Timun adalah buah yang sering dijadikan pendamping makan lauk, untuk lalap. Timun juga bisa dibuat menjadi es serut atau jus. 

Oleh karena itu, timun paling nikmat disantap dalam kondisi segar dan teksturnya masih garing.

Baca juga: Bedanya Zukini dan Timun, dari Rasa hingga Kegunaan pada Masakan

Apabila diletakkan pada suhu ruang, timun hanya dapat bertahan selama satu hingga dua hari.

Berikut cara menyimpanan timun yang benar agar tetap segar dan teksturnya terjaga, dari Epicurious berikut:

1. Cuci bersih mentimun

Sebelum disimpan, timun harus dicuci bersih. Mencuci timun harus dilakukan, meskipun timun yang dibeli berasal dari supermarket.

Timun yang dibeli dari supermarket beberapa ada yang dibungkus. Buka bungkusan tersebut, cuci dan keringkan.

2. Jaga agar tetap kering

Setelah dicuci bersih, biarkan air cucian pada timun kering. Pastikan timun sudah dalam keadaan kering sebelum disimpan sebab jika timun terlalu basah, air akan membuat timun menjadi berjamur dan rusak.

Baca juga: Resep Es Timun Serut, Tambah Selasih agar Lebih Sehat

Setelah kering, bungkus dengan kain bersih atau tisu dapur. Membungkus timun dengan kain atau tisu dapur akan membantu menjaga kelembapan saat penyimpanan.

3. Masukan ke dalam plastik

Masukan timun yang sudah dibungkus kain atau tisu dapur ke dalam kantong plastik. Biarkan kantung plastik agak terbuka agar ada aliran udara untuk mencegah pengembunan di dalam plastik.

Menyimpan timun dalam plastik juga membantu melindunginya dari gas etilen yang dihasilkan oleh buah-buahan lain dalam kulkas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X