Kompas.com - 11/11/2020, 09:24 WIB
Ilustrasi frittata apel, telur dadar Italia pakai apel. PIXABAY/DAGNY WALTERIlustrasi frittata apel, telur dadar Italia pakai apel.

KOMPAS.com – Apel tidak hanya bisa diolah menjadi aneka hidangan manis, melainkan juga sajian gurih seperti frittata apel.

Frittata adalah  telur dadar khas Italia. Telur dadar apel ini cocok disantap di pagi hari sebagai menu sarapan. Di bawah ini resep frittata telur dadar apel dari Epicurious.

Baca juga: 5 Cara Simpan Apel agar Tidak Cepat Busuk

Resep frittata apel

Bahan:

  • 8 telur ukuran besar ditambah 2 putih telur berukuran besar
  • 4 ons (113 gr) keju cheddar, parut kasar (menjadi 1 cangkir)
  • Garam kasar dan merica bubuk
  • 1 sendok makan mentega
  • 2 buah apel, kupas, buang bijinya, dan iris memanjang menjadi potongan setebal 1/2 cm

Cara membuat frittata apel

1. Panaskan oven sampai suhu 450 derajat. Dalam mangkuk, kocok telur, putih telur, dan setengah keju lalu bumbui dengan garam dan merica.

2. Panaskan mentega di dalam wajan anti lengket yang tahan oven di atas api sedang. Masukan campuran telur ke dalam wajan, masak selama 1-2 menit sampai tepinya mengeras.

3. Susun apel di atas telur dengan pola melingkar, dimulai dari tepi luar lalu taburi dengan sisa keju.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4.. Pindahkan wajan ke oven. Panggang sampai keju berwarna kecokelatan, sekitar 20 menit. Setelah matang, keluarkan frittata apel dari wajan, diamkan selama 5 menit kemudian potong-potong untuk disajikan.



Sumber Epicurious
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X