Kompas.com - 10/11/2020, 14:10 WIB
Ilustrasi es kopi susu. Dok. HandgroundIlustrasi es kopi susu.

KOMPAS.com - Tren kopi susu masih hangat-hangatnya sampai saat ini. Bisa dikatakan, orang Indonesia suka minum kopi susu.

Baca juga: Mengapa Orang Indonesia Doyan Minum Kopi Susu?

Bagi kamu yang hendak membuat kopi susu di rumah lebih baik perhatikan jenis kopi yang akan dipakai. Pasalnya, tidak semua jenis kopi bisa dibuat menjadi kopi susu.

Dalam acara live Instagram “Ngunyah” dari @my.foodplace, co-founder Smoking Barrels Craft Coffee Jonathan Liman (Joni Liman) menjelaskan jenis biji kopi yang cocok untuk dijadikan kopi susu.

Biji kopi yang tepat untuk kopi susu

“Secara umum kopi ada dua jenis yaitu arabika dan robusta. Arabika sendiri memiliki karakter utama dalam bidang rasa yaitu cenderung lebih asam,” ucap Joni Liman dalam acara “Ngunyah”, Kamis ( 5/11/2020).

Ia menambahkan, jenis kopi arabika tak terlalu pahit dibanding robusta. Kandungan kafein arabika pun cenderung lebih rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 4 Beda Kopi Robusta dengan Arabika, Daerah Tumbuh sampai Pengolahan

Sementara robusta memiliki karakter rasa yang lebih pahit, tidak terlalu asam tetapi kandungan kafeinnya tinggi.

Ilustrasi es kopi susu kemasan botolDok. Shutterstock Ilustrasi es kopi susu kemasan botol

“Kalau kita tanya mana yang lebih cocok untuk es kopi susu? Sebenarnya dua-duanya cocok tapi balik lagi ke selera,” ujar Joni.

Peminum es kopi susu ada yang lebih mencari efek kafeinnya. Joni mengatakan, penikmat kopi susu ada yang lebih fokus dengan rasa pahit yang lebih dominan.

Baca juga: 5 Macam Peminum Kopi di Indonesia, Newbie sampai Pencari Promo

Namun sebagai pelaku bisnis coffee roastery, Joni mengatakan bahwa Smoking Barrels Craft Coffee menggunakan biji kopi arabika untuk es kopi susu.

“Dari sisi rasa itu lebih kompleks walaupun ada rasa asamnya dan kalau saya pribadi menghindari kadar kafein yang tinggi, jadi kita lebih memilih pakai arabika,” paparnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.