Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Es Krim Boba, Kreasi Kekinian Nikmati Boba

Kompas.com - 11/10/2020, 16:36 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Boba kini tak hanya bisa kamu nikmati dalam bentuk minuman atau makanan saja. Es krim boba adalah salah satu dessert terkini yang menjadikan boba sebagai bintangnya.

Dilansir dari Today Online, sebuah perusahaan es krim asal Taiwan bernama Xiao Mei jadi yang pertama meluncurkan Brown Sugar Boba Ice Cream Bars. Seperti minuman boba pada umumnya, di dalamnya terdapat kandungan susu dan bola-bola boba.

Baca juga: Tips Memilih Minuman Boba yang Enak untuk Pemula

Sejak dirilis pada 2019, es krim boba ini mendapatkan popularitas yang luar biasa. Setelah sampai ke Singapura, es krim tersebut dengan cepat terjual habis.

Sementara di Indonesia, terdapat toko offline maupun online yang menjual es krim boba.

Di marketplace Shopee misalnya, beberapa toko menjual es krim boba merek Xiao Mei dengan harga sekitar Rp 65.000 per bungkus es krim.

Sementara satu kotaknya biasa memuat empat bungkus es krim. Ada juga yang menjual es krim per kotak dengan harga sekitar Rp 235.000. Selain merek Xiao Mei, ada juga es krim boba merek Tiger Sugar dengan harga Rp 300.000 per kotaknya.

Baca juga: Resep Es Krim Boba Versi Murah, Pakai Takaran Sendok

Berdasarkan situs resmi Xiao Mei yang dilansir dari Chicago Tribune, bahan utama es krim tersebut adalah susu yang berasal dari Selandia Baru dan Australia.

Selain susu, ada juga karamel gula palem dan bola-bola boba dengan tekstur “Q”. Tekstur “Q” adalah istilah kuliner untuk mendeskripsikan tekstur makanan yang kenyal tapi padat yang disukai di Asia Timur.

Tekstur “Q” ini sangat sulit untuk dicapai. Selain itu dibutuhkan pula bola-bola tapioka yang segar setiap beberapa jam sekali selama produksi. Jika bobanya tidak segar, maka bisa menghasilkan tekstur yang sangat keras.

Baca juga: Apa Itu QQ, Tingkat Kematangan Sempurna Pada Boba?

Es krim boba merek Xiao MeiDok. Instagram @bobaicecream_sby Es krim boba merek Xiao Mei

Rasa es krim boba

Mungkin ada banyak orang yang skeptis dengan rasanya. Apakah es krim ini akan senikmat minum bobanya langsung?

Reporter Food & Dining Nick Kindelsperger, Louisa Chu yang seorang penggemar boba, serta reporter data Cecilia Reyes mencoba rasanya.

Menurut mereka, rasanya sangat menyegarkan. Chu menyukai rasa teh yang kuat serta aromanya yang sangat harum. Es krimnya juga tidak terlalu manis.

Es krim bar ini juga punya rasa yang seimbang dengan rasa teh yang sedikit pahit bersatu dengan susu yang berlemak.

Rasa tehnya juga punya kesan floral serta bisa menembus rasa krim dari susu. Sementara Reyes menykai es krim ini karena aromanya.

Dilansir dari Today Online, rasa susu pada es krimnya sangat lembut dan berkrim. Terasa sedikit krimer artifisial di dalamnya. Sedikit berbeda dengan minuman boba yang biasa menggunakan susu segar saja.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com