Tips Kurangi Pahit Sayur Genjer, Gunakan Bahan Ini...

Kompas.com - 28/09/2020, 18:04 WIB
Sayur Genjer yang ditumis bumbu tauco dari Rumah Makan Tekko dengan makanan lainnya KOMPAS.com / Gabriella WijayaSayur Genjer yang ditumis bumbu tauco dari Rumah Makan Tekko dengan makanan lainnya

KOMPAS.com - Genjer, sayur yang identik dengan Gerakan 30 September (G30S)/ Partai Komunis Indonesia ( PKI).

Dulu, genjer juga menjadi penyelamat bagi wong cilik. Pasalnya, sayur ini mudah ditemukan di areal rawa atau persawahan.

Baca juga: Apa Salah Genjer? Sayuran yang Kerap Dikaitkan dengan G30S/ PKI

Sayur genjer enak ditumis. Namun sebelumnya, terdapat cara untuk mengurangi rasa pahit genjer.

Gatot Susanto, Corporate Chef Parador Hotels & Resorts juga membagikan cara mengempukkan tekstur genjer yang keras, seperti dilansir dari Kompas.com.

Baca juga: Tips Mengolah Genjer Agar Tidak Pahit

Rebus dalam air campur asam Jawa

 

Langkah pertama sebelum masak, pilih genjer yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Ambil genjer yang warnanya masih hijau dan segar.

Nantinya ketika dimasak, ujung batangnya tidak usah dipakai. Tekstur ujung batang genjer lebih keras daripada bagian lain.

Cara menghilangkan rasa pahit genjer dengan merebusnya dalam air campur asam Jawa. Cukup direbus beberapa saat, tidak usah terlalu lama. Lalu angkat, cuci, dan barulah dimasak.

Daun Genjer sebelum ditumisKompas.com/ gabriella wijaya Daun Genjer sebelum ditumis

Masak sebentar saja

Setelah direbus, tekstur genjer menjadi lembek. Namun, tanaman ini terasa renyah ketika dimakan. Pasalnya, terdapat serat segar dalam batangnya.

Melihat tekstur genjer yang lembek, sayur ini sebaiknya dimasak sebentar dengan api besar. Maka dari itu, genjer lebih cocok ditumis. Sehingga ketika dihidangkan, warna genjer tetap hijau segar.

Genjer bisa ditumis dengan bumbu sederhana seperti tauco Cianjur, cabai bawang, ebi pete, dan balacan.

Baca juga: Cara Membuat Tumis Genjer Tauco, Sayur yang Identik dengan G30S/PKI



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X