Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Makanan dari Luar Bioskop, Bagaimana Aturan Sebenarnya?

Kompas.com - 16/09/2020, 20:09 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Membawa makanan dan minuman dari luar bioskop ke dalam studio tak dapat dipungkiri kerap dilakukan orang Indonesia.

Beragam hal jadi alasan kenapa mereka memilih untuk membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah atau dari restoran di luar bioskop.

Namun sebenarnya, bagaimana aturan dari pengelola bioskop mengenai hal ini?

Baca juga: Makanan Paling Aneh yang Pernah Diseludupkan Penonton Bioskop Indonesia

“Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar Cinema XXI," kata Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI,Dewinta Hutagaol pada Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

"Oleh karenanya sebelum memasuki lingkungan bioskop pengunjung akan menjalani pemeriksaan barang bawaan,” lanjut Dewinta.

Larangan membawa makanan dan minuman ini membuat aktivitas orang yang sering membawa makanan dan minuman dari luar bioskop adalan tindakan ilegal atau melanggar aturan.

Baca juga: Makan di Area Restoran Dilarang, 9 Aturan untuk Restoran dan Warung Makan di Jakarta Selama PSBB

Ilustrasi Cafe XXI di Cinema XXIDok. Instagram @xxicafe_id Ilustrasi Cafe XXI di Cinema XXI

Sanksi dari pihak bioskop

Sejauh ini, menurut Dewinta, pihak Cinema XXI belum menerapkan sanksi khusus bagi para penonton yang kedapatan membawa makanan dan minuman dari luar.

Hal yang dilakukan pihak Cinema XXI adalah berupa tindakan preventif, yaitu dengan melakukan pengecekan barang bawaan di pintu masuk oleh petugas keamanan.

Baca juga: Kemenparekraf: Labelling I Do Care agar Orang Merasa Aman Makan di Restoran

“Bila pengunjung kedapatan membawa makanan dan minuman dari luar kami meminta pengunjung untuk menitipkan makanan dan minuman mereka di tempat yang telah disediakan oleh Cinema XXI,” jelas Dewinta.

Setelah bioskop kembali diperbolehkan beroperasi, bila lapar atau haus pengunjung diimbau untuk membeli langsung di Café XXI yang ada di dalam Cinema XXI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com