Kemenparekraf: Labelling "I Do Care" agar Orang Merasa Aman Makan di Restoran

Kompas.com - 27/08/2020, 09:07 WIB
Ilustrasi restoran era new normal Shutterstock/vichie81Ilustrasi restoran era new normal


KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) berencana untuk memberikan program labelling bertajuk "I Do Care" pada restoran atau rumah makan.

Labelling ini dalam bentuk pemberian stiker pada restoran atau rumah makan yang dianggap sudah memenuhi protokol kesehatan untuk beroperasi pada era new normal.

Baca juga: Kemenparekraf Siapkan Stiker I Do Care untuk Restoran yang Patuh Protokol Kesehatan

“Jadi kalau dia punya labelling I Do Care sudah dipasang di restoran tersebut, otomatis orang-orang itu akan merasa ‘Saya yakin saya aman’ untuk makan di sana,” kata Frans Teguh, Staf Ahli Bidang Pembangunan Keberlanjutan dan Konservasi Kemenparekraf, dalam acara webinar "Indonesia Cara", Selasa (25/8/2020).

Kemanparekfraf luncurkan Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Restoran/Rumah Makan. Salah satu materi mengenai tempat duduk dan jarak antar tamu diatur minimal 1 (satu) meter atau melakukan rekayasa teknis seperti pemasangan partisi antar tamu di atas meja makan.dok. Biro Puskompublik Kemenparekraf Kemanparekfraf luncurkan Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Restoran/Rumah Makan. Salah satu materi mengenai tempat duduk dan jarak antar tamu diatur minimal 1 (satu) meter atau melakukan rekayasa teknis seperti pemasangan partisi antar tamu di atas meja makan.

Pemberian labelling dari Kemenparekraf berkaitan dengan perubahan pola aktivitas masyarakat dalam memilih tempat makan.

Masyarakat kini cenderung sangat memperhatikan sisi kebersihan, keamanan, dan kesehatan dari sebuah tempat makan.

Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran dalam webinar yang sama menjelaskan hal itu.

Menurut dia, restoran atau rumah makan ini jadi salah satu industri yang paling sensitif karena makanan yang disediakan akan bersentuhan langsung dengan mulut para pelanggan.

Baca juga: Panduan Layanan Pesan Antar Makanan pada Era New Normal dari Kemenparekraf

“Dengan Kemenparekraf memberikan labelling Indonesia Care ini mau tidak mau pasar akan yakin bahwa tempat usaha ini sudah memenuhi protokol,” jelas Maulana.

Restoran atau rumah makan yang sudah mendapatkan labelling I Do Care bisa memublikasikannya ke media sosial bahwa mereka telah memenuhi protokol kesehatan sesuai dengan aturan dari Kementerian Kesehatan dan Kemenparekraf.

Hal itu jika berjalan beriringan dengan kampanye I Do Care yang dipublikasikan secara masif, maka bisa menambah opini publik yang positif terhadap restoran atau rumah makan tersebut.

Ilustrasi proses pembayaran di restoran era new normalShutterstock/Bignai Ilustrasi proses pembayaran di restoran era new normal

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X