Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dimakan Keluarga Kerajaan Inggris

Kompas.com - 02/09/2020, 14:07 WIB
Silvita Agmasari,
Theresia Amadea

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aturan makan berlaku di Kerajaan Inggris, termasuk apa saja yang boleh dan tidak boleh disajikan.

Beberapa makanan yang umum disantap orang banyak, nyatanya tak boleh disajikan dan dimakan oleh keluarga kerajaan Inggris.

Berikut makanan yang tak boleh disantap keluarga kerajaan Inggris dikutip dari Independent.co.uk dan Hello!:

Baca juga: Mengulik Dapur Istana Kerajaan Inggris, dari Makanan Perayaan sampai Favorit Semua Orang

1. Bawang putih dan bawang merah

Mantan koki Kerajaan Inggris, Darren McGrady, mengungkapan bahwa Ratu Elizabeth II tidak menyukai rasa dan aroma makanan yang kuat seperti bawang putih dan bawang merah.

Jadi para koki tidak bisa menggunakan bahan tersebut di dapur Istana Buckingham.

Hal ini juga pernah disebutkan oleh istri Pangeran Charles, Camilia Parker Bowles saat ia menjadi tamu di MasterChef Australia.

Ia mengatakan keluarga Kerajaan Inggris tidak bisa makan bawang putih dan bawang merah karena mereka sering terlibat percakapan dengan bangsawan atau tokoh penting di masyarakat.

2. Daging dan seafood mentah

Keluarga Kerjaan Inggris juga tidak boleh makan daging mentah, seafood mentah, dan kerang-kerangan selama kunjungan atau tur kerajaan.

Baca juga: 3 Makanan Favorit Ratu Elizabeth II dari Inggris, Apa Saja?

Hal tersebut dikarenakan kekhawatiran keracunan makanan.

Mantan kepala pelayan kerajaan Grant Harold, membenarkan aturan ini masuk akal ketika anggota keluarga kerajaan sedang bertugas.

3. Foie Gras

Seared Foie Gras with Pomegranate Cherry Reduction, Apple, Brioche Crumble, Cabbage Truffle and Mango Chutney. Menu ini disajikan salah satu dari enam chef terkenal dari 6 restoran terpandang di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, dalam acara Ubud Chefs? Collaboration Lunch, Sabtu (11/4/2015).KOMPAS.COM/OKY HARTANTO Seared Foie Gras with Pomegranate Cherry Reduction, Apple, Brioche Crumble, Cabbage Truffle and Mango Chutney. Menu ini disajikan salah satu dari enam chef terkenal dari 6 restoran terpandang di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, dalam acara Ubud Chefs? Collaboration Lunch, Sabtu (11/4/2015).

Pada 2008, foie gras dilarang oleh Pangeran Charles untuk disantap di istana lantaran dianggap kejam terhadap binatang.

Sebagai informasi, foie gras adalah makanan khas Perancis dari hati angsa dan bebek.

Masalanya sebelum disembelih, angsa atau bebek akan diberi banyak makanan dan dikurung dalam kandang sempit agar hatinya berlemak. Konon semakin berlemak hati angsa atau bebek, maka semakin nikmat.

4. Pasta, nasi, dan kentang

McGrady menyebutkan bahwa Ratu Elizabeth II juga tidak terlalu menyukai sajian karbohidrat seperti pasta, nasi, dan kentang. Ia lebih memilih sajian ikan, daging, dan sayuran seimbang.

Baca juga: Resep Fish and Chips, Sajian Seafood Sederhana yang Disukai Anak-anak

McGrady menyebutkan para koki kerajaan harus mengetahui makanan yang disukai dan tidak disukai Ratu Elizabeth II, karena secara tak langsung itu adalah aturan dapur istana.

5. Air keran (tap water)

Ada beberapa negara yang air kerannya dapat dikonsumsi langsung tanpa perlu dimasak. Namun ini tidak berlaku pada keluarga Kerajaan Inggris.

Dikutip dari Mashed.com, mereka harus minum air mineral kemasan untuk mengurangi risiko sakit akibat bakteri atau bahan kimia berbahaya dari air keran.

Baca juga: Bedanya Lobster Air Tawar dengan Lobster Air Laut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com