Cara Membuat Nasi dari Brokoli, Pengganti Nasi yang Lebih Sehat

Kompas.com - 02/09/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi nasi dari brokoli. SHUTTERSTOCK/BONDAR ILLIAIlustrasi nasi dari brokoli.

KOMPAS.com - Kalau kamu ingin makan nasi tapi sedang diet karbohidrat, bisa coba membuat nasi brokoli. Bukan nasi dalam artian sesungguhnya melainkan brokoli dicacah halus sampai teksturnya seperti nasi.

Baca juga: Cara Membuat Nasi Tanpa Beras, Pakai Kembang Kol Sajas

Nutrisi 57 gram brokoli terkandung sekitar 15 kalori and 2 gram serat, seperti dikutip dari Healthline.

Selain itu, brokoli sendiri mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan imunitas tubuh.

Berikut cara membuat nasi dari brokoli ala Allrecipes.

Resep nasi dari brokoli

Bahan

  • 340 gram brokoli
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1/2 bawang bombai, cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 3/4 sdt garam
  • 1/4 sdt lada hitam bubuk
  • 1/2 air lemon

Ilustrasi brokoli dipotong sampai teksturnya seperti nasi. SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi brokoli dipotong sampai teksturnya seperti nasi.

Cara membuat nasi dari brokoli

1. Cuci dan potong brokoli per kuntum. Masukkan 1/2 bagian brokoli ke food processor, haluskan sampai teksturnya mendekati nasi. Lakukan hal yang sama dengan sisa brokoli yang ada.

Kalau tidak mempunyai food processor, coba pakai parutan atau dicacah pakai pisau.

2. Pada wajan teflon, panaskan minyak zaitun dengan api medium-kecil. Masukkan bawang bombai, masak sampai lunak selama 3 menit.

Tambahkan bawang putih, masak kembali 30 detik. Masukkan nasi brokoli, garam, dan lada hitam. Kecilkan api, tutup wajan. Masak sampai brokoli empuk selama 5 menit. Terakhir, tuang perasan lemon.

Nasi brokoli pun siap disajikan. Kamu bisa tambah lauk atau sayur sesuai selera.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X