Fenomena Indomie Khas Daerah Jadi Oleh-oleh, Bagaimana Rasanya Menurut Orang Asli Daerah?

Kompas.com - 02/07/2020, 17:17 WIB
Ilustrasi mi instan. shutterstock.com/DuditsIlustrasi mi instan.


JAKARTA, KOMPAS.com – Mi instan jadi salah satu comfort foods yang mudah diperoleh di mana pun dan kapan pun. Salah satu merk mi instan Indonesia, Indomie, punya aneka ragam varian rasa mi instan.

Selain yang populer seperti mi goreng, soto mie, dan kari ayam, Indomie juga ternyata punya varian rasa khas daerah yang mengambil rasa dari makanan khas daerah tersebut.

Baca juga: 5 Resep Kreasi Mi Instan ala TikTok, dari Seblak sampai Carbonara

Indomie dengan varian rasa khusus daerah ini biasanya hanya bisa ditemukan di daerah tersebut saja.

Beberapa yang terkenal adalah coto Makassar yang hanya ada di Makassar, mi cakalang dari Sulawesi Utara, dan masih banyak lagi.

Varian rasa khas daerah ini kemudian menjelma jadi salah satu pilihan oleh-oleh khas daerah tersebut. Banyak orang asli daerah tersebut yang sengaja membawa Indomie rasa khas daerah untuk jadi bingkisan di perantauan.

Hal tersebut salah satunya dilakukan oleh Tenri Gobel. Tenri merupakan warga asli Makassar yang saat ini menetap di Jakarta.

Beberapa waktu lalu, Tenri sempat minta dikirimkan satu kardus Indomie rasa coto Makassar dari rumahnya ke Jakarta.

“Iya kangen banget sama Makassar. Jadi mengirim itu dari Makassar ke Jakarta, demi makan itu karena enggak dijual di sini,” kata Tenri ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (23/6/2020).

“Itu jadi sejenis makanan ringannya untuk merasakan makan coto gitu loh. Alternatif bagi kaum kolesterol coto Makassar yang isinya daging ya,” sambung Tenri.

Tenri juga bahkan sering dimintai kerabatnya di Jakarta untuk menjadikan Indomie coto Makassar tersebut sebagai oleh-oleh.

Ilustrasi coto makassar. Dok. Tribun Timur/ Nurul Adha Islamiah Ilustrasi coto makassar.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X