Jamur Enoki Biasa untuk Masakan, Ada Penggantinya?

Kompas.com - 25/06/2020, 15:41 WIB
Ilustrasi jamur enoki ShutterstockIlustrasi jamur enoki

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur enoki disebut sebagai penyebab wabah listeria di Amerika Serikat pada Maret-April 2020.

Pemerintah Indonesia pun melakukan uji coba terhadap jamur enoki yang berasal dari perusahaan Korea Selatan.

Melansir berita Kompas.com, diketahui bahwa jamur enoki  tersebut mengandung  Listeria monocytogenes. Jamur enoki pun ditarik dari pasaran dan dimusnahkan.

Baca juga: Jamur Enoki Disebut Tercemar Bakteri Listeria, Ini Imbauan Kementan

Namun, bagaimana kalau terbiasa masak pakai jamur enoki? Apakah ada bahan pengganti lain?

Jamur pengganti enoki

Jamur enoki sangat fleksibel atau gampang diganti dengan jenis jamur lainnya. Sebab makanan ini kebanyakan diolah menjadi side dish bukan sumber makanan utama.

“Kalau hanya untuk pengganti side dish bisa saja, masih banyak jenis jamur yang lain. Tidak masalah bisa diganti dengan jamur tiram atau jenis jamur lainnya,” jelas Stefu

Fungsi jamur enoki juga bisa diganti dengan jenis jamur lainnya, tetapi kalau soal rasa dan tekstur tentunya akan berbeda.

“Kalau fungsinya bisa, contoh kita mau masak tahu dengan jamur, kita bisa ganti dengan jamur sitake, jamur merang juga bisa-bisa saja menjadi pengganti,” jelas Stefu.

Sementara itu, biasanya jamur enoki yang layak dimasak adalah jamur enoki yang memiliki warna bagus, teksturnya masih kuat, tidak busuk, dan tidak mengeluarkan bau tak sedap.

“Kita lihat dari warna, bentuk dan bau secara kasat mata masih bagus ya sudah itu yang dimasak, kalau namanya bakterikam susah kita tidak tahu di dalamnya ada atau tidak,” papar Stefu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X