Jenis Kopi yang Cocok Diseduh dengan Metode V60

Kompas.com - 26/06/2020, 11:08 WIB
Ilustrasi kopi diseduh dengan teknik V60. SHUTTERSTOCK/PAULZHUKIlustrasi kopi diseduh dengan teknik V60.

JAKARTA,KOMPAS.com - Para pencinta kopi tentu tak asing dengan metode menyeduh kopi satu ini. V60 merupakan metode untuk meyeduh kopi manual yang sering digunakan di kafe.

Menyeduh kopi dengan metode V60 caranya cukup sederhana. 

Baca juga: Apa Itu V60? Cara Seduh Kopi Manual yang Umum Ditemui di Kafe

Caranya dengan menuangkan air panas secara perlahan dengan gerakan melingkar di sekitar bubuk kopi. Setelah itu, tinggal menunggu kopi menetes melewati filter kertas khusus ke dalam gelas.

Keuntungan menggunakan teknik V60 adalah kopi yang digunakan lebih bersih dan tidak berminyak.

Kopi yang dihasilkan dari teknik V60 juga akan menonjolkan rasa dan aroma.

Namun tidak semua kopi nikmat jika diseduh dengan metode ini. Sivaraja, pemilik dari Amstirdam Coffee Malang sekaligus WBC & WLAC Certified Technical Judge 2019-2021 menjelaskan kopi yang cocok untuk diseduh dengan metode V60.

1. Arabika

Ilustrasi kopi arabicaSHUTTERSTOCK/STOCKCREATIONS Ilustrasi kopi arabica

Kopi jenis arabika adalah kopi yang cocok diseduh dengan metode ini. Sebab jenis kopi ini memiliki kandungan asam yang lebih menarik dan aroma yang lebih kuat dibandingkan jenis robusta.

Baca juga: Kenali 9 Jenis Kopi Espresso Based, Biar Tidak Salah Pesan

"Contohnya ada kopi sunda gulali, kita bisa seduh dengan air yang suhunya 94 derajat celcius. Namun itu kembali lagi dengan masa jenis kopi yang berubah setiap jenis gorengan," jelas Sivaraja kepada Kompas.com, Rabu (24/6/2020).

2. Tingkat roasting kopi juga berpengaruh

“Umumnya kopi yang lebih cocok kalau untuk metode V60 adalah light roast ke medium roast kalau dark roast kurang cocok,” papar pria yang akrab disapa Raja. 

Baca juga: Peralatan yang Digunakan untuk Seduh Kopi Metode V60

Nah, light roast sendiri adalah tingkat panggang biji kopi hingga berwarna coklat tua. Sedangkan medium roast adalah tingkat roast dengan biji kopi berwarna coklat tua cenderung gelap.

3. Tekstur kopi

Ilustrasi kopi instan tanpa campuran gula dan krimDok. Shutterstock Ilustrasi kopi instan tanpa campuran gula dan krim
Menyeduh kopi dengan metode V60 membutuhkan kopi yang sudah digiling. Namun kopi yang digiling butuh yang lebih kasar daripada bubuk kopi untuk espreso. Penentuan gilingan ditentukan dari hasil kalibrasi.

“Jadi butuhnya gilingannya agak kasar," jelas Raja.

Baca juga: Cara Menyeduh Kopi dengan Metode V60, Ngopi ala Kafe di Rumah

Kopi yang baik dari hasil penyeduhan ini akan memiliki rasa yang seimbang. Ada rasa manis dengan tingkat keasaman dan pahit yang seimbang. Kombinasi ketiganya yang pas akan mempengaruhi rasa kopi yang seimbang.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X