Apa itu Saus Demi Glace dan Cara Bikin Sendiri yang Ekonomis

Kompas.com - 01/07/2020, 10:11 WIB
Resep Rosemary chichen dari Chef Maulana Malik Ibrahim JHL Solitaire Gading Serpong dok. JHL Solitaire Gading Serpong Resep Rosemary chichen dari Chef Maulana Malik Ibrahim JHL Solitaire Gading Serpong

JAKARTA,KOMPAS.com - Saus satu ini memiliki julukan 'Mother of Sauce'. Saus demi-glace merupakan saus yang bisa menjadi dasar dari saus lainnya.

Kamu bisa membuat saus ini sebagai pendamping makanan utama bergaya barat yang kamu buat di rumah.

Baca juga: 5 Dessert Kekinian yang Bisa Jadi Ide Jualan

Executive Chef JHL Solitaire Gading Serpong, Maulana Malik Ibrahim, menjelaskan bagaimana cara membuat saus ini di rumah.

"Saus ini bisa dijadikan sebagai saus untuk rosemary chicken bisa buat sauce steak beef, atau steak chicken, burger juga bisa dicampur saus ini," jelasnya kepada Kompas.com, Minggu  (28/6/2020).

Pada dasarnya saus yang berwarna coklat ini terbuat dari tulang sapi yang masak hingga berjam-jam, kemudian bisa ditambahkan dengan potongan jamur.

Namun bisa pula dibuat lebih ekonomis tanpa tulang sapi. 

Baca juga: Resep Rosemary Chicken, Masak di Rumah ala Restoran Mewah

Sebelumnya pada sesi #MasakdiRumahAja edisi Kamis (25/6/2020) pukul 16.30 WIB, Chef JHL Solitaire Gading Serpong, Maulana Malik Ibrahim, mendemonstrasikan resep Rosemary Chicken melalui siaran langsung Instagram @kompas.travel.

Berikut resep dari saus demi-glace:

Demi-glace sauce ala rumahan

Bahan:

  • 100 gr tepung terigu disangrai
  • 3 sendok makan (sdm) saus tomat
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm gula pasir
  • 200 ml air putih
  • Garam
  • 1 lembar daun salam

Cara membuat :

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X