Cara Cepat Bersihkan Cumi-cumi, Sampai Bau Amis Hilang

Kompas.com - 07/06/2020, 14:05 WIB
Ilustrasi cumi-cumi sudah dibersihkan. PIXABAY/MIGUELPEREDAIlustrasi cumi-cumi sudah dibersihkan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang tinta cumi-cumi yang menempel pada tubuhnya sulit dihilangkan, hal ini bisa menghambat proses masak. Belum lagi bau amisnya yang sukar hilang walupun sudah dimasak.

Baca juga: Tips Memilih Kepiting yang Segar, Lihat Mata dan Kakinya

Executive Chef Santika Mataram Lombok Nyoman Putra Yasa, membagi tips agar tinta cumi gampang dibersihkan dan bau amis bisa hilang. 

Cara membersihkan cumi pertama bisa tarik kepalanya, lalu ambil tulang punggungnya,” jelas Yasa kepada Kompas.com pada Kamis, (4/6/2020).

Pada dasarnya jenis cumi-cumi yang biasa dijual di pasaran ada cumi jarum yang berwarna merah dan sotong. Membersihkan sotong lebih mudah daripada membersihkan cumi jarum.

Sebab tulang punggung sotong lebih lebar, berwarna putih, mudah ditemukan, dan mudah ditarik.

Sementara tulang punggung cumi jarum terbilang lebih kecil, tipis dan berwarna bening. Sehingga saat hendak mencari tulang punggung cumi jarum harus benar-benar teliti.

Selain itu tingkat kesulitan membersihkan cumi juga didasari dengan tingkat kesegarannya.

Cumi-cumi yang segar pada saat kepalanya ditarik maka tintanya akan utuh dan tidak mudah pecah. Sementara cumi-cumi yang sudah tak segar begitu kepalanya dicopot atau ditarik kantung tintanya akan mudah pecah.

 

Ilustrasi cumi-cumi mentah siap dibersihkan. PIXABAY/FALCO Ilustrasi cumi-cumi mentah siap dibersihkan.

Tips lain jika ingin membersihkan cumi juga bisa dengan belah badan cumi secara vertikal, dari tubuh bagian tengah atas bisa langsung belah ke bagian bawah.

“Selanjutnya bisa dibersihkan, tinggal dikerok dengan pisau lalu dibersihkan dengan air mengalir,” papar Yasa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X