Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2020, 14:05 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang tinta cumi-cumi yang menempel pada tubuhnya sulit dihilangkan, hal ini bisa menghambat proses masak. Belum lagi bau amisnya yang sukar hilang walupun sudah dimasak.

Baca juga: Tips Memilih Kepiting yang Segar, Lihat Mata dan Kakinya

Executive Chef Santika Mataram Lombok Nyoman Putra Yasa, membagi tips agar tinta cumi gampang dibersihkan dan bau amis bisa hilang. 

Cara membersihkan cumi pertama bisa tarik kepalanya, lalu ambil tulang punggungnya,” jelas Yasa kepada Kompas.com pada Kamis, (4/6/2020).

Pada dasarnya jenis cumi-cumi yang biasa dijual di pasaran ada cumi jarum yang berwarna merah dan sotong. Membersihkan sotong lebih mudah daripada membersihkan cumi jarum.

Sebab tulang punggung sotong lebih lebar, berwarna putih, mudah ditemukan, dan mudah ditarik.

Sementara tulang punggung cumi jarum terbilang lebih kecil, tipis dan berwarna bening. Sehingga saat hendak mencari tulang punggung cumi jarum harus benar-benar teliti.

Selain itu tingkat kesulitan membersihkan cumi juga didasari dengan tingkat kesegarannya.

Cumi-cumi yang segar pada saat kepalanya ditarik maka tintanya akan utuh dan tidak mudah pecah. Sementara cumi-cumi yang sudah tak segar begitu kepalanya dicopot atau ditarik kantung tintanya akan mudah pecah.

 

Ilustrasi cumi-cumi mentah siap dibersihkan. PIXABAY/FALCO Ilustrasi cumi-cumi mentah siap dibersihkan.

Tips lain jika ingin membersihkan cumi juga bisa dengan belah badan cumi secara vertikal, dari tubuh bagian tengah atas bisa langsung belah ke bagian bawah.

“Selanjutnya bisa dibersihkan, tinggal dikerok dengan pisau lalu dibersihkan dengan air mengalir,” papar Yasa.

Lalu jika ingin membersihkan kepala cumi-cumi kamu hanya perlu memotong bagian mulutnya saja.

Cara menemukan bagian mulut hanya dengan menekan cumi, kemudian bagian mulutnya yang berbentuk paruh burung akan menonjol keluar, dengan begitu kamu tinggal memotongnya.

Selanjutnya jika ingin cumi-cumi terlihat bersih kamu bisa melepas kulit ari dari badan cumi-cumi tersebut. Melepas kulit ari memang butuh kesabaran.

Yasa mengatakan saat menarik kulit ari di bagian sirip atau sayap cumi-cumi kamu harus berhati-hati. Sebab sirip cumi juga akan ikut terangkat.

“Teknik mengupas kulit cumi-cumi seperti mengupas buah tapi memang butuh kesabaran, kalau sayapnya ikut terangkat jangan dibuang bisa dibersihkan dan bisa diolah,” ungkap Yasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com