Kompas.com - 06/06/2020, 18:19 WIB
Ilustrasi manual brew aeropress PexelsIlustrasi manual brew aeropress


JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap jenis biji kopi pasti memiliki cita rasa yang berbeda satu sama lain. Ada yang rasanya cenderung asam, punya rasa pahit yang kuat, atau bodi kopi yang tebal.

Baca juga: Apakah Benar Kopi Arabika Punya Rasa Buah?

Ada banyak sekali hal yang bisa memengaruhi perbedaan rasa pada tiap jenis biji kopi. Selain faktor biji kopi saat ditanam, banyak orang bilang bahwa tiap cara seduh biasanya akan menghasilkan rasa kopi yang juga berbeda.

William Heuw, owner Kopi Kangen mengatakan setiap teknik seduh dapat memengaruhi rasa kopi yang dihasilkan.

Jika seseorang menyeduh kopi dengan cara manual brew pasti akan memberikan rasa kopi yang berbeda dengan kopi yang diseduh dengan mesin espresso.

“Kalau pakai mesin espresso rasanya rata-rata sama karena sudah ada pengaturannya. Kalau manual brew kan misalnya mau pakai air suhu berapa, metode mau seperti apa, mau ditarik sampai berapa menit,” papar William pada Kompas.com, Kamis (4/6/2020).

Ilustrasi manual brew dengan paper filterPexels Ilustrasi manual brew dengan paper filter

Rasa espresso cenderung sangat pekat. Body kopinya pun akan lebih tebal daripada kopi lainnya.

Espresso pada dasarnya sering dijadikan campuran untuk banyak jenis minuman kopi, diperlukan agar rasa kopi tetap terasa khas walaupun sudah dicampur dengan banyak komposisi lain.

Sementara jika diseduh menggunakan metode manual brew, maka cenderung akan menghasilkan banyak rasa yang berbeda bahkan jika biji kopi yang digunakan merupakan jenis yang sama.

William mencontohkan, untuk proses manual brewing pour over menggunakan paper filter biasanya akan menghasilkan rasa yang lebih clean atau bersih. Misalnya metode V60, kalita, dan flat bottom.

Sementara metode manual brew lainnya yang direndam seperti clever dripper atau aeropress, biasanya akan menghasilkan rasa kopi yang lebih kuat. Pasalnya biji kopi melalui proses direndam dan ditekan lebih dahulu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X