Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Manfaat Semangka bagi Kesehatan, Bantu Cegah Kanker

KOMPAS.com – Semangka merupakan buah yang menyegarkan. Terlebih saat disantap untuk berbuka puasa dalam keadaan dingin.

Rasanya yang manis dan banyak air, sangat pas untuk mengusir dahaga usai tidak minum selama lebih kurang 12 jam.

Semangka ternyata tidak hanya nikmat di mulut. Buah ini juga memiliki berbagai kandungan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan.

Oleh karena itu, semangka juga menyimpan banyak manfaat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat semangka bagi Kesehatan

Dilansir dari laman Healthline, berikut merupakan manfaat semangka bagi kesehatan:

1. Membantu tetap terhidrasi

Penting untuk tetap terhidrasi agar tubuh dapat berfungsi dengan baik karena banyak proses tubuh yang bergantung pada hidrasi yang memadai, seperti pengaturan suhu tubuh, fungsi organ normal, pengiriman nutrisi ke sel, dan kewaspadaan.

2. Mengandung nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat

Semangka merupakan sumber yang kaya akan nutrisi, termasuk kalium, magnesium, vitamin A, dan vitamin C, serta rendah kalori. Selain itu, semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kinerja olahraga.

Semangka juga mengandung antioksidan seperti vitamin C, karotenoid, likopen, dan cucurbitacin E, yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kondisi seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

3. Memiliki efek anti-kanker

Beberapa senyawa tanaman yang terdapat dalam semangka, seperti likopen dan cucurbitacin E, memiliki potensi efek antikanker. Studi menunjukkan bahwa asupan likopen dapat terkait dengan risiko yang lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kolorektal.

Likopen diyakini bekerja dengan mengurangi kadar insulin-like growth factor (IGF) dalam darah, hormon penyebab pembelahan sel yang dapat berkontribusi pada pembentukan kanker.

Selain itu, cucurbitacin E dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan merangsang proses tubuh untuk menghancurkan dan menghilangkan sel-sel kanker.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa nutrisi dalam semangka dapat mendukung kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa likopen dalam semangka dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, dua faktor penting untuk kesehatan jantung.

Selain itu, citrulline dalam semangka dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh, membantu pembuluh darah melebar untuk menurunkan tekanan darah.

Semangka juga mengandung vitamin dan mineral seperti magnesium, kalium, serta vitamin A, B6, dan C, yang semuanya mendukung kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

5. Mengurangi peradangan dan stres akibat oksidasi

Peradangan merupakan pendorong utama dari banyak penyakit kronis. Semangka mengandung kombinasi antioksidan, likopen, dan vitamin C yang dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan akibat oksidasi.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa pemberian bubuk semangka kepada tikus yang diberi makanan tidak sehat menghasilkan tingkat stres akibat oksidasi yang lebih rendah.

Studi pada manusia juga menunjukkan bahwa suplementasi dengan vitamin C dapat mengurangi penanda inflamasi pada individu dengan obesitas dan tingkat inflamasi yang tinggi.

Likopen sebagai antioksidan, juga dapat memiliki efek melawan penyakit Alzheimer, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi temuan tersebut.

6. Manfaat untuk tulang dan sendi

Selain memberikan manfaat terhadap peradangan dalam tubuh, semangka juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan sendi Anda. Buah ini mengandung pigmen alami yang disebut beta-cryptoxanthin, yang dapat melindungi sendi Anda dari peradangan.

Meskipun terbatas, penelitian menunjukkan bahwa dengan mengurangi peradangan, semangka dapat membantu melindungi tulang dan sendi Anda dari berkembangnya kondisi seperti osteoporosis atau rheumatoid arthritis seiring berjalannya waktu

7. Membantu menjaga kesehata mata

Likopen dalam semangka memiliki potensi manfaat untuk kesehatan mata Anda. Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang yang lanjut usia.

Likopen berperan sebagai antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah dan menghambat AMD, meskipun penelitian masih terbatas.

Penelitian yang memperlakukan sel mata dengan likopen menunjukkan bahwa likopen dapat mengurangi kapasitas penanda inflamasi yang merusak sel dalam mata.

8. Meredakan nyeri otot

Citrulline, asam amino yang ditemukan dalam semangka, memiliki berbagai manfaat yang meliputi peningkatan kinerja olahraga dan pengurangan nyeri otot. Citrulline juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Sebuah tinjauan menemukan bahwa asupan citrulline secara teratur selama minimal tujuh hari dapat meningkatkan kinerja aerobik dengan meningkatkan produksi oksida nitrat tubuh yang membantu melebarkan pembuluh darah, mengurangi beban kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, ada bukti yang menunjukkan bahwa semangka juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh setelah berolahraga.

9. Membantu kesehatan kulit

Vitamin A dan C dalam semangka sangat penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu tubuh dalam pembentukan kolagen, protein yang menjaga kulit tetap elastis dan rambut tetap kuat, baik saat dikonsumsi maupun digunakan secara topikal.

Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu mengurangi risiko keriput dan kulit kering. Sementara itu, vitamin A juga krusial untuk kesehatan kulit karena berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel kulit.

10. Membantu melancarkan pencernaan

Semangka kaya akan air dan memiliki sedikit serat, yang keduanya penting untuk pencernaan yang sehat.

Serat membantu menjaga pencernaan tetap lancar, sementara air membantu memperlancar pergerakan sampah tubuh melalui saluran pencernaan.

https://www.kompas.com/food/read/2024/03/19/102000075/10-manfaat-semangka-bagi-kesehatan-bantu-cegah-kanker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke