Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tempat Makan di Yogya Ini Tawarkan Sensasi Bersantap di Tengah Taman Instagramable

KOMPAS.com - Kulineran masa kini tidak hanya berfokus kepada makanan. Cita rasa makanan memang jadi yang utama, tetapi hal-hal lain juga jadi pertimbangan. Salah satunya adalah lokasi tempat makan. Kini, sebagian orang juga datang ke suatu tempat makan karena lokasinya.

Tempat makan yang juga menyediakan nilai lebih, seperti keindahan panorama dan suasana juga jadi buruan wisatawan.

Jika sedang berkunjung ke Yogyakarta, ada banyak tempat makan semacam itu. Salah satunya adalah Sibu Resto. Tempat makan ini baru buka sekitar satu bulan.

Lokasi tempat makan ini tepatnya berada di Jetis Donolayan, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Sensasi bersantap di tengah taman yang indah

Kompas.com sempat berkunjung langsung ke Sibu Resto pada Sabtu (24/2/2024). Begitu masuk, pengunjung akan disuguhi suasana resto yang berada di tengah taman.

Terdapat kolam ikan di tengah taman dengan air mancur. Mengusung tema semi outdoor, tempat makan berupa saung-saung terletak di sekeliling kolam.

Sambil menunggu makanan, pengunjung bisa jalan-jalan berkeliling taman yang indah, foto-foto, juga memberi makan ikan di kolam.

Duduk santai di saung juga menyenangkan. Wisatawan bisa bersandar sambil mendengarkan suara gemercik pancuran. Saat memejamkan mata, rasanya seolah berada di saung tengah sawah.

Terlebih, saat angin semilir membelai. Rasanya begitu mendamaikan. Tempat makan ini juga jauh dari jalan utama dan berada di tengah perdesaan, sehingga jauh dari suara deru kendaraan.


Kuliner lezat di Sibu Resto

Untuk makanannya, Sibu Resto menghadirkan beragam menu tradisional dan western, juga fushion. Pihak resto melayani pemesanan untuk pengunjung rombongan kecil, seperti dua orang, keluarga, hingga rombongan.

"Dominan kita kuliner nusantara. Sebagai contoh nasi campur sibu dengan sate lilit, kering tempe, lalu yang kita beda dari lainnya adalah pakai daun pepaya," kata chef di Sibu Resto bernama Faisal kepada Kompas.com di lokasi, Sabtu (24/2/2024).

Ia melanjutkan, beberapa menu nasi campur di tempat lain biasanya menggunakan ayam suwir atau timis buncis.

"Beberapa condemment di menu kita itu pakai oseng daun pepaya. Seperti ayam bakar, oseng ayam, terus udang bakar. Jadi memang dominan ke oseng daun pepaya," sambung Faisal.

Pemilihan menu menggunakan daun pepaya, menurut dia, adalah untuk menonjolkan sisi tradisional dari Sibu Resto. Oseng daun pepaya adalah menu  tradisional yang dulu sering disajikan di masyarakat.

Kompas.com berkesempatan mencicipi beberapa menu, yakni garang asem, nasi campur Sibu, tripple decker (western), dan pisang goreng karamel sebagai makanan penutup (dessert).

Sementara untuk minumannya, Kompas.com disajikan menu unggulan, yakni wedang tape dan juga teh poci.

Meski dikenal pahit, tetapi daun pepaya di Sibu Resto tidaklah pahit. Chef Faisal memang masih mempertahankan sedikit rasa pahit, tetapi saat disantap, rasa pahit itu seolah hanya sampai ujung lidah, lalu langsung tergantikan dengan rasa asin dan manis yang seimbang.

Makanan lain pun juga lezat. Seperti garang asem yang secara tampilan kuahnya terlihat tidak kental. Namun saat disantap, kuahnya terasa kental dengan kombinasi rasa asam, asin, manis, dan pedas.

Pisang goreng yang disajikan juga spesial dengan rasa dominan manis karena dilapisi dengan saus karamel. Rasa manis pisang berlipat dengan manis karamel, tetapi sedikit dinetralkan dengan gurih tepung.

Selanjutnya, ada triple decker. Kuliner ini berbentuk seperti burger tiga tingkat dengan isian telur, keju, selada, dan daging. Bedanya, roti yang digunakan adalah french bread untuk menjaga keotentikannya. Penyajian triple decker juga ditemani oleh kentang goreng.


Fasilitas di Sibu Resto, ada penginapan

Sibu Resto tidak hanya menyediakan tempat untuk makan sambil bersantai. Ada pula penginapan berbentuk limasan.

Di dalamnya, terdapat tempat tidur dan kamar mandi dalam. Pengunjung pun bisa menginap di sini dengan tarif Rp 700.000 per malam. Satu unit penginapan bisa menampung maksimal orang. Pengunjung yang menginap akan mendapatkan fasilitas berupa sarapan.

"Fasilitas penginapan berupa tempat tidur queen size, AC, kamar mandi dalam, water heater, handuk, dan sarapan," kata Marketing Sibu Resto bernama Rintan.

Fasilitas lain di Sibu Resto adalah pendopo dan joglo untuk pengunjung yang datang bersama rombongan. Ada pula pantry yang bisa jadi tempat nongkrong dan ngopi. Ada gardu pandang untuk pengunjung menikmati panorama taman dari atas, juga sunset saat cuaca cerah

Pengunjung bisa melakukan gathering, kumpul keluarga, pesta tunangan atau pernikahan, dan menikmati live music.

Selain itu, fasilitas lain juga lengkap, seperti mushala, toilet, tempat bermain anak, area lesehan dengan bean bag, dan area parkir yang luas, sehingga bisa menampung beberapa mobil.

Sibu Resto bisa menampung antara 150-200 orang. Untuk harga makanan, berkisar antara Rp 18.000 - 149.000, kemudian minuman mulai Rp 15.000 sampai Rp 33.000. Resto ini buka pukul 08.00 WIB saat weekend dan 09.00 WIB, dengan jam tutupnya sampai pukul 22.00 WIB.

https://www.kompas.com/food/read/2024/02/24/183100475/tempat-makan-di-yogya-ini-tawarkan-sensasi-bersantap-di-tengah-taman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke