Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Sayur Lodeh Kecombrang, Ide Makanan Berkuah saat Musim Hujan

KOMPAS.com -  Musim hujan tiba, saatnya membekali dapur dengan bahan makanan sebagai persiapan membuat menu berkuah hangat. Kamu bisa mulai dengan menu yang sederhana seperti sayur lodeh.

Isian sayur lodeh bisa disesuaikan dengan selera, kali ini coba bikin sayur lodeh dengan isian daging ayam, kentang, daun ubi, wortel, dan kecombrang.

Perlu diingat, saat memasak isian lodeh, dahulukan masak isian yang padat terlebih dahulu, tujuannya agar semua isian lodeh matang merata dan tidak ada isian yang terlalu lunak.

Cara membuat sayur lodeh kecombrang bisa disimak dalam buku "Lezatnya Variasi Sayur Lodeh" karya Indriani (2010) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

  • Resep Sayur Lodeh ala Warteg, Kuahnya Gurih Segar 
  • Resep Sayur Lodeh Jawa, Ide Masakan Berkuah Santan

Cara membuat sayur lodeh kecombrang:

1. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun salam, dan bunga kecombrang sampai harum. Kemudian tambahkan potongan daging ayam dan masak sampai daging berubah warna.

2. Masukkan santan, garam, dan gula merah ke dalam tumisan, lalu masak kembali sembari diaduk hingga daging ayam matang.

3. Tambahkan kentang dan wortel, kemudian masak sampai setengah matang. Setelah itu masukkan daun ubi dan cabai hijau, lalu masak sampai semua isian lodeh matang.

4. Koreksi rasa lodeh dengan tambahan garam dan penyedap sebelum disajikan.

Buku "Lezatnya Variasi Sayur Lodeh" karya Indriani (2010) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara daring di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2024/02/01/130300675/resep-sayur-lodeh-kecombrang-ide-makanan-berkuah-saat-musim-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke